Kembangkan Industri Digital, Kisai Entertainment Terima Pendanaan 1 Juta Dolar AS

JAKARTA - Perusahaan produksi webtoon (komik digital), Kisai Entertainment ungkapkan telah menerima pendanaan sebesar 1 juta dolar AS di kuartal IV-2024. Pendanaan ini diperoleh dari dua investor strategis yaitu Sorajima, perusahaan webtoon terkemuka dari Jepang, dan PT Anjary Jaya Raya, perusahaan kreatif lokal yang telah lama berkecimpung di industri hiburan Indonesia, khususnya sektor game.

Adapun, investasi ini menandai sejarah baru dalam industri komik dan webtoon Indonesia, menjadi pendanaan pertama dan terbesar yang pernah diterima oleh perusahaan komik/webtoon di tanah air.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyampaikan harapannya agar langkah ini diharapkan dapat menjadi platform yang solid bagi perkembangan industri komik nasional secara keseluruhan.

“Kemitraan ini dapat mendorong potensi komikus, bermanfaat bagi masyarakat, dan ikut memberikan andil dalam perkembangan ekonomi kreatif nasional,” ujarnya dalam keterangannya, Jumat, 11 Oktober.

Founder & CEO Kisai Entertainment Tessa Yadawaputri menyampaikan pihaknya sangat antusias dengan kemitraan strategis ini. Dimana pendanaan ini tidak hanya akan memungkinkan kami untuk mengakselerasi pertumbuhan bisnis, tetapi juga membuka peluang kolaborasi yang menarik dengan kedua partner strategis ini.

Selain itu, Tessa melihat ini sebagai momen penting bagi industri komik Indonesia. Investasi ini menjadi bukti bahwa industri konten kreatif khususnya komik / webtoon merupakan industri potensial dengan nilai ekonomi yang besar.

"Kami berharap keberhasilan ini dapat menginspirasi dan mendorong pertumbuhan ekosistem komik nasional secara keseluruhan," tuturnya.

Menurut Tessa investasi ini menandai langkah signifikan bagi perseroan dalam memperkuat posisinya di pasar konten digital di Indonesia dan Asia Tenggara.

Tessa menjelaskan dengan dukungan finansial dan strategis dari Sorajima dan PT Anjary Jaya Raya, Kisai Entertainment berencana untuk memperluas jangkauan produksi kontennya dan mengembangkan produksi ke ranah karya webtoon orisinal yang dapat dipasarkan secara global dan berkembang menjadi IP powerhouse terbesar di Asia Tenggara.

Menurut Tessa Kisai Entertainment berkomitmen untuk memanfaatkan pendanaan ini guna mengembangkan dan meningkatkan kapasitas produksi konten dengan kualitas lebih baik, memproduksi konten original berkualitas tinggi, dan memperkuat tim kreatif mereka.

Adapun, salah satu ekspansi awal yang akan dilakukan adalah menjalankan transformasi dari perusahaan yang berbasis jasa, menjadi perusahaan penerbit webtoon, komik, dan IP orisinal.

Sebagai langkah konkret, Tessa menyampaikan dalam waktu dekat Kisai Entertainment akan mengumumkan beberapa program strategis yang terkait langsung dengan pengembangan talenta industri webtoon di Indonesia dan Asia Tenggara, serta memulai perencanaan pengembangan IP webtoon original untuk dirilis di tahun 2025.

"Kemitraan bersama Sorajima juga akan merangkai kerja dan karya Jepang - Indonesia, sama-sama bercita-cita menghasilkan kisah yang mendunia dan lintas generasi," ucapnya.

Tessa menyampaikan bahwa ketiga perusahaan ini optimis bahwa langkah strategis ini akan memposisikan mereka sebagai salah satu pemimpin di industri konten digital di Indonesia dan kawasan, sekaligus membuka jalan bagi pertumbuhan industri komik nasional yang lebih pesat.

“Sejak pertama kali terjun di industri webtoon, salah satu impian saya ingin membangun Kisai seperti studio Ghibli yang mampu melukiskan perjalanan karakter nan luar biasa penuh fantasi, dan memberi inspirasi bagi dunia” tuturnya.

Co CEO Sorajima, Kojuro Hagihara menambahkan, Sorajima adalah sebuah perusahaan yang berdedikasi untuk menciptakan karya yang mampu mendefinisikan abad terkini dan pihaknya sangat antusias menjalani tantangan emas ini lewat kemitraan bersama Kisai Entertainment.

"Kami sangat bersemangat untuk berkolaborasi bersama Tessa, semua orang di Kisai Entertainment, dan tentunya, talenta berbakat di Indonesia dan penjuru Asia Tenggara. Kami yakin akan ASEAN POWER!," ujarnya.

Sementara itu, Direktur PT Anjary Jaya Raya Andrew Yap, menyampaikan, sebagai perusahaan yang berbasis di Indonesia, target pihaknya adalah untuk mendukung bisnis lokal yang dapat dikenal tidak hanya di Indonesia, namun juga di pentas dunia.

Menurut Andrew itulah alasan pihaknya dengan bangga mendukung pertumbuhan Kisai Entertainment, yang karya-karyanya mendapat tempat di Indonesia dan dunia.

"Kami percaya, kolaborasi ini akan menarik banyak audiens baru untuk industri entertainment digital di Indonesia, dan mampu memantik kemajuan industri komik nasional,” jelasnya.