Threads Kembangkan Fitur Komunitas, Mirip dengan X

JAKARTA – Threads, platform mikroblog Instagram, sedang mengerjakan fitur baru yang mirip dengan milik platform X. Disebut sebagai Komunitas, fitur ini dapat mengelompokkan pengguna berdasarkan topik dan minat. 

Fitur baru ini pertama kali ditemukan oleh Teknolog Veteran Chris Messina dalam bentuk kode. Di dalam kode pembaruan Threads, Messina melihat tulisan seperti 'bergabung' atau 'keluar' dari Komunitas yang diberi nama Loop oleh platform tersebut. 

Teknolog itu juga menemukan kode yang merujuk pada elemen komunitas, seperti nama, bio, dan lainnya. Mengenai temuan kode ini, Instagram tidak memberikan banyak komentar. Mereka juga tidak memberikan informasi seputar fitur apa saja yang akan disertakan.

Namun, dikutip dari TechCrunch, platform yang tersinkronisasi dengan Threads itu mengatakan bahwa fitur yang terlihat dengan kode 'Loop' masih dalam tahap pengembangan awal. Fitur ini belum diuji secara internal maupun eksternal.

Meski informasi terkait fitur ini masih sedikit, banyak yang percaya bahwa fitur ini akan mirip dengan Komunitas di X. Pasalnya, kode di dalam platform mengarah ke beberapa tombol yang sama. Fitur ini juga sangat cocok untuk hadir di platform mikroblog seperti Threads. 

Selain membantu Threads dalam bersaing secara sehat dengan X, fitur 'Loop' juga dapat meningkatkan pengalaman pengguna. Dengan adanya sarana untuk berkumpul, pengguna bisa menyesuaikan diri mereka selama menggunakan Threads. 

Pada awalnya, fitur grup dalam skala besar ini mendapatkan banyak kritik di X. Banyak yang menganggap bahwa fitur ini menghilangkan jati diri Twitter, sebutan untuk X sebelumnya. Namun, Komunitas mulai diminati belakangan ini, khususnya di Indonesia. Saat Loop hadir secara resmi di Threads, fitur ini mungkin mendapatkan respons positif.