Kerap Dikonsumsi Sehari-hari, Waspada Deretan Jenis Minuman Ini Bisa Picu Stroke

YOGYAKARTA – Pemicu stroke tidak hanya berasal dari makanan namun juga minuman. Bahkan minuman pemicu stroke dampaknya bisa dirasakan oleh semua orang tanpa memandang usia. Lalu apa saja minuman yang berpotensi menimbulkan stroke?

Dilansir dari AI Care, stroke bisa terjadi saat pembuluh darah pecah atau tersumbah hingga membuat darah tidak bisa atau terhambat mengalir ke otak. Untuk mencegah gangguan kesehatan itu terjadi, masyarakat perlu menjaga gaya hidup sehat salah satunya dengan memperhatikan apa yang ia konsumsi.

Minuman Pemicu Stroke

Dilansir dari Medical News Today, sebuah analisis berhasil menemukan bahwa beberapa minuman yang dikonsumsi sehari-hari mampu memperbesar peluang seseorang terserang stroke. Hasil analisis tersebut kemudian dipublikasikan di Journal of Stroke dan International Journal of Stroke.

Analisis dilakukan dengan memakai data proyek INTERSTROKE, yakni sebuah studi besar tentang stroke tahun 2016 yang melibatkan partisipan sebanyak 26.950 individu dari 32 negara. Berdasarkan hasil analisis tersebut ada beberapa minuman yang mampu picu stroke yakni sebagai berikut.

  1. Soda

Tidak hanya mengandung gula tinggi hingga memicu diabetes, soda juga dikaitkan dengan adanya peningkatan terhadap risiko stroke pada peminumnya. Peningkatan risiko tersebut cukup besar yakni 22 persen. Kasus ini banyak ditemukan di beberapa negara terutama di Afrika, Eropa Timur, Eropa Tengah, Timur Tengah, dan Amerika Selatan.

  1. Jus Buah

Siapa sangka jika mengonsumsi jus buah dikaitkan juga dengan risiko stroke. Peningkatan risiko stroke pada seseorang bahkan melebihi soda yakni sebesar 37 persen. Selain itu wanita punya risiko lebih besar dibanding pria.

Risikko tersebut makin besar jika jus buah dikonsumsi sebanyak dua kali dalam sehari. Peneliti menilai penyebab risiko jus buah picu stroke adalah kandungan gula pada minuman tersebut.

  1. Kopi

Kaitan stroke dan kopi muncul hanya jika minuman tersebut dikonsumsi dalam jumlah banyak dalam sehari yakni sebanyak lebih dari 1 liter per hari. Jumlah tersebut mampu memperbesar risiko stroke hingga 37 persen. Namun peminum kopi harian kurang dari empat cangkit tidak dikaitkan dengan risiko stroke.

Itulah informasi terkait minuman pemicu stroke. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.