Bagikan:

YOGYAKARTA – Lembaga yang melayani layanan riset pasar, Lab42 Research belum lama ini merilis laporannya terkiat jenis games yang paling diminati Gen Z. Lembaga tersebut melakukan penelitian kuantitatif internal untuk mencari informasi lebih dalam tentang Gen Z & Gaming. Sebagai informasi, Gen Z adalah generasi yang saat ini berusia 1322 tahun.

Jenis Games yang Paling Diminati Gen Z

Berdasarkan penelitiannya, Lab42 mendapati bahwa sebanyak 90 persen Gen Z memainkan beberapa jenis permainan game yakni mobile, konsol, atau PC. Dari angka tersebut didapati rincian yakni sebesar 37 persen mengaku memainkan game konsol, sedangkan game mobile sebesar 31 persen. Lab24 juga mendapati bahwa presentase jenis games yang diminati generasi sebelumnya yakni Milenial ternyata seimbang pada dua jenis games tersebut yakni 37 persen.

Sebagai informasi tambahan, game mobile adalah jenis games yang dimainkan lewat perangkat smartphone atau tablet. Jenis games ini banyat diminati karena mudah diakses dan bisa dimainkan kapan saja. Contoh games mobile seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, Clash of Clans, Genshin Impact, dan Candy Crush Saga.

Sedangkan game konsol adalah jenis permainan yang dimainkan lewat perangkat konsol seperti PlayStation, Xbox, atau Nintendo dengan monitor tambahan dan kontroler khusus. Game ini menawarkan pengalaman bermain yang lebih dari game mobile. Contoh game konsol yang populer adalah The Last of Us Part II (PS4/PS5), Halo Infinite (Xbox), Super Mario Odyssey (Nintendo Switch),  SpiderMan: Miles Morales (PS5), dan FIFA 23 (multiplatform)

Berbeda lagi dengan game PC yang dimainkan lewat komputer menggunakan kontroler tambahan. Salah satu keunggulan game ini adalah dapat upgrade sesuai kebutuhan spesifikasi game. Contoh game PC yang cukup populer seperti Dota 2, CounterStrike: Global Offensive, The Witcher 3: Wild Hunt, Minecraft, dan Valorant.

Jenis Games yang Diminati Gen Z Berdasarkan Konten

Dalam penelitian, Lab24 juga mendapati bahwa Gen Z justru lebih sedikit memainkan genre games. Mereka lebih fokus pada konten games yang menyajikan aksi, petualangan, petarung, dan bangunan/simulasi.

Generasi tersebut juga tidak memainkan games seperti permainan kata atau permainan kasino jika dibanding generasi lainnya.

Bagi Gen Z, saat akan memutuskan akan bermain game apa, mereka akan memilih bahwa permainan dapat menyajikan kesenangan, memiliki gameplay yang baik, dan calur cerita yang menarik. Berbeda dengan generasi sebelumnya yakni Milenial dan GenX yang mengutamakan tantangan dibanding alur cerita.

Di luar dari penelitian tersebut, Anda dapat menyimak game nomor 1 di Indonesia untuk menambah wawasan.

Itulah informasi terkait jenis games yang paling diminati Gen Z. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.