Sarapan Sehat dan Simpel ala Jessica Iskandar, Andalkan Sereal

JAKARTA - Berdasarkan Survei Diet Total (SDT) tahun 2020, sebanyak 66,8 persen anak Indonesia masih mengkonsumsi sarapan dengan kualitas gizi rendah. Sarapan bergizi lengkap juga belum menjadi kebiasaan kebanyakan anak Indonesia.

Asupan gizi yang lengkap dan seimbang, mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, serat hingga mineral esensial, akan membantu meningkatkan fungsi otak sehingga anak dapat lebih berkonsentrasi dan mencapai prestasi belajar yang optimal.

Menanggapi hal ini, dr. Kurniawan Satria Denta, M.Sc, Sp.A menyatakan, “Perkembangan anak yang optimal membutuhkan sinergi antara nutrisi yang lengkap dan stimulasi yang tepat," jelas dr. Kurniawan Satria Denta di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis, 10 Oktober.

"Asupan gizi seimbang mendukung perkembangan fisik dan otak, sementara stimulasi yang optimal sesuai usia dan potensi anak akan membantu memperkuat kemampuan kognitif, fisik, hingga personal sosial anak. Keduanya harus berjalan beriringan untuk memastikan anak tumbuh dan berkembang maksimal sesuai dengan potensi mereka," tambahnya.

Nutrisi dan kebiasaan sarapan anak juga tidak bisa lepas dari peran orang tua. Orang tua memiliki peran penting dalam membentuk kebiasaan makan anak-anak, termasuk kebiasaan sarapan yang sehat.

Orang tua yang terlibat dalam persiapan makanan dan menyediakan sarapan bergizi lengkap dapat meningkatkan asupan nutrisi anak.

Jessica Iskandar menekankan pentingnya sarapan bergizi lengkap bagi anak, "Sebagai Ibu, saya sangat paham terkadang kita menganggap sarapan yang kenyang saja sudah cukup, padahal sarapan itu juga harus bergizi lengkap. Di sini, peran orang tua sangat penting dalam memastikan anak-anak mendapatkan sarapan bergizi lengkap yang mengandung karbohidrat, protein, serat, mineral, dan vitamin yang cukup membantu anak tumbuh sehat dan siap menghadapi tantangan hariannya," tutur Jessica Iskandar.

"Karena tidak hanya ibunya, sekarang pun anak-anak juga sama sibuknya, jadi kita sebagai orang tua harus kreatif dalam berkreasi menghadirkan sarapan yang tidak hanya mengenyangkan, tapi gizinya juga lengkap," sambungnya.

Salah satu pilihan menu sarapan yang bergizi lengkap adalah sereal. Seperti yang dijelaskan dalam The Pharma Journal, sereal merupakan salah satu sumber energi utama bagi kesehatan.

Baik sereal utama maupun minor dapat dikonsumsi dalam bentuk olahan ataupun semi-olahan, sering kali dengan tambahan bahan makanan lain. Sereal mengandung nutrisi penting seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin mineral dan susu, baik yang larut maupun tidak larut.

Dengan kandungan nutrisi tersebut, sereal menjadi pilihan ideal untuk sarapan yang memberikan energi optimal bagi anak-anak sepanjang hari.

Hal ini menginspirasi Energen, merek minuman susu dan sereal asli Indonesia, menghadirkan Enerland, sebuah pengalaman edukasi interaktif pertama di Indonesia yang bertempat di fX Sudirman dari tanggal 10-13 Oktober 2024 dan bertujuan untuk mempromosikan pentingnya sarapan bergizi lengkap bagi anak-anak Indonesia.

Arviana Lestari, Senior Marketing Manager Health Foods, mengatakan, “Enerland menyuguhkan arena edukatif yang tidak hanya seru dan menyenangkan, tetapi juga mendukung perkembangan kognitif anak. Dalam arena ini, pengunjung dapat memahami bahwa sarapan tidak cukup hanya kenyang tapi juga harus bergizi lengkap agar bisa fokus beraktivitas," ungkap Arviana Lestari.

"Dan Energen merupakan pilihan sarapan yang mengandung gizi lengkap, seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin, mineral dan susu. Apalagi Kini, Energen memiliki keunggulan 30 persen lebih banyak, membuat anak kenyang lebih lama dan mendapat gizi yang lengkap saat sarapan," tandasnya.