Jurgen Klopp Sudah Tak Menganggur Lagi setelah Hengkang dari Liverpool

JAKARTA - Jurgen Klopp akhirnya mendapatkan pekerjaan pertamanya sejak hengkang dari Liverpool pada akhir musim lalu. Kali ini, dia bukan bekerja sebagai mananjer.

Pekerjaan barunya memiliki klausul pelepasan yang unik. Klausul tersebut memungkinkan Klopp mendapatkan pekerjaan impiannya.

Klopp diketahui mendapat pekerjaan menjadi Kepala Global Football di Red Bull. Dia telah mendatangani kesepakatan yang baru mulai berlaku pada 1 Januari 2025.

Namun, kontrak itu terbilang unik. Klopp punya klausul bisa kapan saja meninggalkan Global Football jika Timnas Jerman memanggilnya.

Menjadi pelatih kepala Timnas Jerman ternyata memang menjadi impiannya. Dia bahkan sudah dikaitkan dengan Der Panzer sejak masih menukangi Liverpool.

Sekarang, Klopp tak mau merahasiakan lagi pekerjaan impiannya. Suatu hari dia akan mengejar keinginannya tersebut.

"Bukan hal mustahil bagi saya untuk menjadi pelatih nasional (Jerman) suatu saat nanti."

"Namun, itu harus sesuai. Sejauh ini belum. Jika saya mengakhiri kontrak di Liverpool, maka tidak akan ada yang dilakukan selama setahun," kata Klopp tahun lalu.

Sementara itu, di Red Bull, Klopp akan bertugas memberi nasihat kepada tim mereka, termasuk RB Leipzig, RB Salzburg, dan New York Red Bulls.

Ia akan bertanggung jawab untuk memandu filosofi permainan dan pengembangan pemain muda serta memberi nasihat tentang transfer dan penunjukan manajer.

Ini adalah peran yang sebelumnya dipegang oleh mantan manajer Manchester United, Ralf Rangnick. RB Leipzig dibawa ke Liga Champions selama masa jabatan Rangnick.

Jurgen Klopp menjadi manajer yang sangat dicintai di Liverpool. Dia meninggalkan Anfield setelah sembilan tahun bertugas di sana.

Dia sudah membawa gelar Liga Inggris (2019/2020), FA Cup (2012/2022), Piala Liga/Carabao Cup (2021/2022 dan 2023/2024), Liga Champions (2018/2019), UEFA Super Cup (2019), Piala Dunia Antarklub (2019), dan Community Shield (2022).