National Cybersecurity Connect 2024: Huawei Dorong Resiliensi Keamanan Siber untuk Indonesia Digital 2045

JAKARTA - Dalam rangka penguatan resiliensi keamanan siber di Indonesia, penyedia infrastruktur TIK dan perangkat pintar global Huawei berpartisipasi dalam National Cybersecurity Connect (NCC) 2024. 

Forum tahunan penting yang diselenggarakan oleh Asosiasi Penyelenggara Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (APTIKNAS) dan Dewan Transformasi Digital Industri Indonesia (WANTRII) ini bertujuan untuk membangun kepercayaan digital dan melindungi kedaulatan digital Indonesia. 

Melalui forum ini, Huawei menegaskan komitmennya dalam mendukung pengembangan ekosistem keamanan siber di Indonesia dalam perjalanannya menuju Indonesia Digital 2045.

“Kita berharap melalui gelaran NCC 2024 ini, kita mendapatkan beberapa rekomendasi penting yang dapat kita sampaikan kepada Pemerintah demi penguatan keamanan siber nasional,” ujar Slamet Aji Pamungkas, Deputi Bidang Keamanan Siber dan Sandi Perekonomian, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). 

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Hokky Situngkir yang turut hadir dalam forum tersebut juga menekankan perlunya literasi digital untuk membangun kesadaran publik akan pentingnya keamanan siber. 

Kian Chen, Vice President, Huawei Indonesia pun percaya bahwa kepercayaan digital adalah fondasi kemakmuran digital Indonesia saat menuju dunia yang cerdas dan digital. 

“Kepercayaan Digital lebih dari sekadar nilai, itu adalah ekosistem. Kami bangga dapat bekerja sama erat dengan para Pemangku Kepentingan, baik  Pemerintah seperti BSSN, kalangan industri, dan akademisi untuk membangun dan mengoptimalkan Digital Trust demi kedaulatan digital Indonesia,” pungkas Kian.