Gitar George Harrison pada Masa Awal The Beatles Akan Dilelang di Amerika Serikat

JAKARTA - Gitar elektrik Futurama yang digunakan George Harrison pada masa awal The Beatles akan dilelang lewat Julien’s Auctions di Nashville, Tennessee, Amerika Serikat pada November mendatang.

Saat ini, gitar tersebut masih dipajang hingga 17 Oktober di museum The Beatles Story yang terletak di Liverpool, Inggris.

Adapun, gitar tersebut dibeli oleh George ketika dirinya masih menjadi teknisi listrik magang di tahun 1959. Saat itu, usianya masih 16 tahun.

Disebutkan bahwa George muda mendapatkan gitarnya dengan harga 58 poundsterling (sekitar Rp1,18 juta). Dia membelinya dengan mencicil 44 kali di toko musik Frank Hessy di Liverpool.

Diperkirakan gitar George itu akan terjual di pelelangan lebih dari 1 juta dolar Amerika atau sekitar Rp15,66 miliar.

"Kami tahu ia memainkan gitar ini dalam lebih dari 324 pertunjukan di Cavern dan beberapa kali di Hamburg, Jerman, pada tahun 1960 dan 1961,” kata Martin Nolan selaku Direktur Eksekutif Julien's Auctions, mengutip BBC, Kamis, 10 Oktober.

"Kami memperkirakan, secara konservatif, (akan terjual) 600.000 hingga 800.000 dolar AS. Tetapi saya pikir gitar itu akan terjual dengan harga lebih dari satu juta,” lanjutnya.

Adapun, gitar Futurama milik Harrison dijual oleh seorang kolektor yang membelinya pada tahun 2019.

Instrumen itu pernah dimiliki orang yang berbeda ketika ditawarkan dalam sebuah kompetisi untuk penggemar Beatles di majalah Beats Instrumental pada tahun 1964. Kompetisi itu dimenangkan oleh AJ Thompson. Ketika ditawari kesempatan untuk memiliki uang alih-alih gitar, ia mengambil uang tunai.

“Ia mungkin mengambil sekitar £100 (Rp2 juta) paling banyak, karena itulah nilai intrinsik gitar tersebut pada saat itu,” ujar Martin Nolan.

“Ia mungkin mengajak teman-teman dan keluarganya keluar untuk menikmati malam yang menyenangkan dan makan malam yang lezat serta minum-minum, lalu melanjutkan hidupnya,” imbuhnya.

Lebih jauh, Martin menyebut gitar George ini adalah salah satu koleksi berharga yang sangat layak memasuki pelelangan. Dia mengatakan barang-barang yang terkait dengan Fab Four termasuk barang-barang selebriti paling populer.

"Barang-barang itu selalu menjadi pusat perhatian. Barang-barang itu sangat layak dikoleksi, dan dikenal di seluruh dunia,” pungkas Martin Nolan.