Diyakini Bisa Menurunkan Berat Badan, Begini Cara Membuat Americano Tanpa Mesin Kopi di Rumah

JAKARTA - Media sosial dihebohkan dengan pengakuan seorang perempuan yang memiliki nama akun TikTok @nindyaptrri. Perempuan tersebut mengaku berhasil menurunkan berat badan, karena sering mengonsumsi kopi Americano selama setiap hari.

Wanita itu mengonsumsi Americano sebanyak 1-2 kali dalam satu hari. Ia mengungkap kopi americano sangat bagus dan berhasil bagi yang tengah menjalani program penurunan berat badan. Walau rasa pahit dari kopinya cukup kuat dan disajikan tanpa gula, perempuan itu membiasakan diri serta berhasil menurunkan berat badannya.

Americano terbuat dari biji espresso yang dipadukan dengan air panas dan mesin espresso. Minuman ini dibuat dengan dua atau satu teguk espresso, dengan rasio air yang bervariasi.

Namun, Americano asli tidak mengandung susu, seperti latte atau macchiato. Meskipun begitu, masih banyak yang penasaran bagaimana cara membuat Americano yang benar. Berikut cara membuat Americano, seperti dilansir dari laman Cafe Barista.

Cara membuat Americano di rumah

Americano pada dasarnya hanyalah bubuk espresso dengan tambahan air panas. Menambahkan air akan mengencerkan rasa kopi, tetapi juga menghasilkan secangkir penuh. Inilah mengapa terkadang dikenal juga sebagai Long Black. Namun, dengan panduan praktis tentang cara membuat Americano, Anda tidak memerlukan mesin kopi.

Bahan-bahan

- Air panas

- 1 – 2 sdt kopi hitam instan

- Gelas dan sendok

Cara membuat

1. Tambahkan 1 atau 2 sdt kopi ke dalam gelas (gunakan dua sdt jika Anda ingin rasa kopi yang lebih kuat)

2. Tambahkan 200 ml air panas

3. Aduk dan nikmati Americano selagi panas.

Cara membuat Americano dingin

Saat suhu di luar meningkat, pasti Anda hanya memikirkan kopi panas saja dapat membuat berkeringat, tetapi untungnya, Americano juga dapat dibuat dingin. Berikut cara membuat Iced Americano di rumah dengan cepat dan mudah:

Bahan-bahan

- 1 sdm air panas

- 200 ml air dingin

- 1 - 2 sdt kopi hitam instan

- Es batu

- Gelas dan sendok

Cara membuatnya

1. Tambahkan 1 - 2 sdt kopi. Lalu, masukkan sedikit air panas ke gelas dan aduk

2. Tambahkan es batu

3. Isi sisa gelas dengan air dingin

4. Aduk dan nikmati es kopi Americano.