NASA Uji Coba 'Kerangka Luar' Teleskop Luar Angkasa Nancy Grace Roman

JAKARTA – NASA telah memasang komponen utama dari Teleskop Luar Angkasa Nancy Grace Roman, yaitu Outer Barrel Assembly. Komponen ini merupakan kerangka luar untuk melindungi teleskop dari cahaya liar. 

Setelah terpasang, para teknisi memindahkan beberapa bagian dari Outer Barrel Assembly ke ruang uji bundar berukuran besar. Selama pengujian berlangsung, teleskop ini berputar hingga 18,4 putaran per menit untuk menyimulasikan gaya sentrifugal.

Jay Parker, Pimpinan Desain Produk untuk Perakitan di Goddard Space Flight Center, mengatakan bahwa mereka membagi proses pengujian Outer Barrel Assembly ke dalam dua bagian. Hal ini dilakukan karena ukuran komponen yang tidak cukup dalam satu ruangan.

"Kami tidak dapat menguji seluruh Outer Barrel Assembly di centrifuge dalam satu bagian karena terlalu besar untuk muat di ruangan," kata Parker. "Desainnya agak mirip rumah panggung, jadi kami menguji 'rumah' dan 'panggung' secara terpisah." 

Struktur Outer Barrel Assembly, yang mengelilingi Teleskop Luar Angkasa Nancy Grace Roman, memiliki tinggi sekitar 5 meter dan lebar sekitar 4 meter. Dengan besarnya ukuran ini, para teknisi menguji bagian 'panggung' terlebih dahulu, lalu bagian 'rumah'. 

Meski kerangka luar Teleskop Roman sudah diuji, observatorium ini masih jauh dari kata selesai. NASA harus melakukan pengujian vakum termal pada seluruh komponen tahun depan untuk memastikan komponennya tahan terhadap suhu dan tekanan di luar angkasa. 

Selain itu, seluruh komponen ini juga perlu melakukan uji goncangan untuk memastikan strukturnya tahan terhadap getaran selama peluncuran. Di akhir tahun depan, seluruh komponen ini akan mulai diintegrasikan ke badan teleskop.