Google Perluas Notifikasi Perangkat Terisi Penuh untuk Pixel Watch

JAKARTA – Google telah menguji notifikasi 'Pixel Watch terisi penuh' pada November tahun lalu untuk sebagian kecil pengguna. Setelah hampir satu tahun diuji, notifikasi baru ini akhirnya diluncurkan ke seluruh pengguna.

Fungsi dari notifikasi ini sangat sederhana. Ketika pengguna Pixel Watch sedang mengisi daya jam tangan mereka dan fokus pada aktivitas lain, mereka akan mendapatkan pemberitahuan di ponsel. Notifikasi ini akan muncul setelah dayanya terisi penuh.

Di bagian bawah notifikasi, pengguna akan melihat keterangan tambahan yang bertuliskan 'Jam tangan Anda mencapai 100 persen'. Notifikasi ini muncul agar pengguna tidak mengisi daya Pixel Watch terlalu lama karena tindakan ini dapat merusak perangkat.

Sepertinya, notifikasi ini diluncurkan ke seluruh model Pixel Watch. Saat fiturnya diuji pertama kali pada akhir tahun lalu, 9to5google melaporkan bahwa Pixel Watch generasi pertama hingga kedua akan mendapatkan peringatan daya terisi penuh. 

Tidak diketahui dengan pasti mengapa Google membutuhkan waktu hampir setahun hanya untuk merilis fitur sederhana ini. Meskipun hanya notifikasi, fitur ini sangat berguna bagi pengguna yang ingin merawat baterai perangkatnya untuk jangka panjang.

Selain notifikasi pengisian daya, Google belum meluncurkan pembaruan Oktober untuk perangkat wearable tersebut. Saat patch keamanan untuk Oktober ini diluncurkan, Pixel Watch akan mendapatkan perbaikan bug dan beberapa fitur baru. 

Belum diketahui fitur baru apa saja yang akan perusahaan itu tambahkan. Namun, patch Oktober akan menjadi pembaruan pertama untuk Pixel Watch 3. Sama seperti model perangkat lainnya, Google akan meningkatkan kinerja dari Pixel Watch 3.