Petinggi Manchester United Perhitungkan Kompensasi jika Jadi Pecat Erik ten Hag

JAKARTA - Petinggi Manchester United tampaknya sudah hilang kesabaran melihat hasil pertandingan di bawah asuhan Erik ten Hag tak kunjung membaik.

Pimpinan The Red Devils menjadwalkan 48 jam setelah laga melawan Aston Villa atau tepatnya Selasa, 8 Oktober 2024, untuk menentukan nasib manajer asal Belanda tersebut.

The Sun melaporkan bahwa petinggi Manchester United kian meragukan kemampuan Ten Hag setelah cuma meraih satu poin dari kandang Aston Villa.

Hasil itu memperpanjang tren minor klub yang bermarkas di Old Trafford itu. Pada lima laga terakhir di semua ajang, Manchester United tidak pernah menang.

Bila berkaca sejak awal musim, The Red Devils baru menang dua kali, seri dua kali, dan kalah tiga kali dari tujuh laga Liga Inggris 2024/2025.

Sementara di Liga Europa, Marcus Rashford dan kolega tidak pernah menang, seri dua kali melawan FC Twente (1-1) dan Porto (3-3).

Kemenangan terakhir yang dicicipi Manchester United terjadi di Carabao Cup ketika menekuk tim League One (level ketiga Inggris), Barnsley FC, dengan skor 7-0 pada 18 September 2024.

Rentetan hasil itu membuat petinggi The Red Devils geram. Jika pelatih asal Belanda itu kehilangan pekerjaannya, orang-orang seperti Gareth Southgate, Thomas Tuchel, Ruud van Nistelrooy, dan Graham Potter telah dikaitkan sebagai pengganti.

Ruud van Nistelrooy menjadi nama terdepan untuk menggantikan Ten Hag sementara waktu. Eks striker Manchester United itu menjadi favorit para penggemar saat ini.

Masalahnya, manajemen tengah berhitung andai jadi mendepak Ten Hag. Klub akan membayar kompensasi besar karena memutus kontrak di tengah jalan.

Menurut Goal, Ten Hag bisa menerima kompensasi hingga 17,5 juta pound jika ia dipecat.

Angka itu akan menempatkan Ten Hag di posisi kedua setelah Jose Mourinho untuk kompensasi manajer terbesar dalam sejarah klub.

Terlepas dari itu, Erik ten Hag juga mulai merasa bising dengan suara-suara terkait masa depannya.

"Kami kecewa di internal. Kami tahu kami harus bermain lebih baik. Terutama, kami perlu mencetak lebih banyak gol," ujarnya.

Manchester United kini menghuni tangga ke-14 Liga Inggris 2024/2025 dengan delapan poin. Sementara di Liga Europa musim ini, mereka terlempar ke urutan 21 dengan baru mengemas dua poin.

Pembayaran Kompensasi Manajer Manchester United

  1. Jose Mourinho - 19,6 juta pound
  2. Erik ten Hag - 17,5 juta pound
  3. Ralf Rangnick - 15 juta pound
  4. Louis van Gaal - 8,4 juta pound
  5. Ole Gunnar Solskjaer - 7,5 juta pound
  6. David Moyes - 5 juta pound