Callisto dan Ronin Jadi Andalan Jualan TVS di Indonesia

JAKARTA - TVS Motor Indonesia sudah memiliki berbagai model yang dipasarkan di tanah air, dan dua model kini menjadi andalan dari sisi penjualan. 

Model tersebut yaitu Callisto atau dikenal sebagai TVS Jupiter di India. Satu lagi ada model TVS Ronin yang belum lama ini hadir untuk meramaikan pasar roda dua Indonesia. 

"Kalau jagoannya ada dua, matic itu ada Callisto 110 dan 125 masih menjadi andalan, kemudian ada TVS Ronin. Dua backbone itu jadi yang sekarang jadi kesukaan domestik," kata Head Marketing TVS Ryan Rahadian, saat ditemui di kawasan Jakarta, belum lama ini. 

Secara spesifikasi, TVS Callisto 125 sendiri merupakan versi major change, dimana memiliki berbagai perubahan dibandingkan dengan versi 110 cc. Perubahan meliputi mesin, desain, fitur hingga rangkanya. 

Soal jantung pacunya, Callisto 125 dilengkapi dengan mesin 124,8cc satu silinder dengan pendingin udara dan sudah injeksi. Tenaga yang dihasilkan 6 kW atau setara 8 TK di 6.500 rpm dan torsi 10,5 Nm di 4.500 rpm. 

Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang melalui CVT, dan juga sudah dilengkapi dengan electric silent start dan TVS Intelligo, jadi starter tidak berisik dan bisa mematikan mesin saat berhenti beberapa detik.

Sementara, untuk TVS Ronin sendiri hadir dengan beberapa versi, terbaru ada Ronin Nimbus. Model tersebut dibanderol harga Rp41 juta dan masih menggunakan basis Ronin TD, jadi sudah dilengkapi dengan dual channel ABS, tuas rem depan dan kopling yang bisa disetel, sampai spidometer yang sudah full digital dengan Smart Connect.

Soal jantung pacunya, Ronin Nimbus memakai mesin yang sama dengan Ronin lain. Jadi masih 225,9cc satu silinder, sudah injeksi dan menghasilkan tenaga 20 TK di 7.750 rpm dan torsi 19,93 Nm di 3.750 rpm.