Generasi Baru Toyota GR86 Dikabarkan Usung Sistem Hybrid Tanpa Basis Subaru

JAKARTA - Rumor mengenai kemunculan generasi terbaru Toyota GR86 kembali mencuat. Mobil berperforma tinggi tersebut akan memiliki performa lebih bertenaga serta memiliki banyak kesamaan dengan model Gazoo Racing (GR) lainnya.

Melansir dari Carscoops, Senin, 7 Oktober, mobil tersebut dikabarkan memiliki mesin 1,6 liter turbocharged yang sama seperti GR Yaris dan GR Corolla, menggantikan 2,4 liter 4-silinder naturally-aspirated yang ada pada generasi saat ini.

Hal menarik lainnya, mobil tersebut akan ditenagai dengan penggerak hybrid sekaligus memperluas lini elektrifikasi Toyota. Diperkirakan sistem ini diambil dari Land Cruiser Prado 250 generasi terbaru.

Dengan demikian, mobil ini berpotensi memiliki tenaga lebih dari 300 dk atau naik dari 228 dk yang ada saat ini. Sama seperti GR Yaris dan GR Corolla, model GR86 terbaru akan mengadopsi pergantian gigi enam percepatan manual dan otomatis di masa mendatang.

Meskipun memiliki sejumlah ubahan yang signifikan, dikabarkan juga model ini mempertahankan penggerak roda belakang (RWD) seperti generasi sekarang. Tidak hanya itu, mobil bergaya sport ini juga tidak mengusung platform yang sama seperti Subaru dan memilih sasis dari Lexus IS versi lebih pendek dan kompak.

Kombinasi mesin turbo, sistem hybrid, dan platform baru dapat menjadikan GR86 generasi berikutnya menjadi model yang jauh lebih tangguh di segmen mobil sport kompak.

Rumor mengenai kehadiran pengganti GR86 semakin diperkuat dengan mobil sport tersebut tidak memenuhi standar konsumsi BBM di Jepang yang akan datang. Sehingga, kemungkinan terburuknya ialah GR86 harus dihilangkan.

Sayangnya, informasi mengenai model tersebut masih sangat terbatas. Terlebih lagi, pihak Toyota belum memberikan pernyataan resmi mengenai generasi terbaru dari GR86. Namun, akan menjadi hal menarik apabila Toyota mengaplikasikan sistem hybrid di jajaran GR untuk kedepannya.

Diluar banyaknya pabrikan yang menjunjung tinggi kendaraan bertenaga listrik (EV), Toyota mencoba hal yang sedikit berbeda. Pabrikan asal Jepang tersebut telah lama mengatakan bahwa sistem hybrid adalah teknologi unggulan.