Voice of Baceprot Refleksikan Relasi Manusia dan Alam di Single Berjudul Mighty Island

JAKARTA - Voice of Baceprot (VoB) memperkenalkan single baru dengan judul “Mighty Island”. Lagu ini merupakan rilisan pertama Marsya (vokal, gitar), Widi (bass), dan Siti (drum) di tahun 2024.

“Mighty Island” hadir untuk menggambarkan kehancuran alam yang disebabkan oleh tindakan-tindakan manusia, seperti pemusnahan hutan dan lahan hijau, pencemaran laut, perburuan liar, dan perilaku ugal-ugalan manusia yang menyebabkan krisis iklim.

“Hal tersebut kami lakukan sebagai salah satu upaya untuk menggaungkan suara risau itu secara lebih luas. Kami juga menganggap langkah itu sebagai upaya untuk mendapatkan kembali rumah ramah tempat bersemayamnya karya-karya kami,” kata Marsya dalam siaran pers yang diterima VOI, Minggu, 6 Oktober.

Lagu ini digarap lewat proses panjang. Di tahun 2021, personel VoB mencoba untuk merefleksikan relasi antara manusia dan alam.

Mereka melihat bagaimana aktivitas manusia telah menjadi faktor dominan dalam kerusakan lingkungan saat ini.

Pertanyaan muncul di pikiran mereka, "Apa yang bisa kita perbuat sebagai manusia, sebagai subjek perusak yang dominan untuk menghentikan dominasi itu?"

Berbagai diskusi mereka hadiri, banyak literatur juga coba dipahami setiap personel. Dan “Mighty Island” merupakan hasil dari seluruh pencarian itu.

Kata “Island” pada judul dimaksudkan sebagai simbol pengantar rasa getir, bahwa bumi yang dulunya indah, kokoh, dan menjadi sumber beragam kehidupan, kini terkikis habis oleh keserakahan dan ketidakpedulian pada eksploitasi.

“Kami teramat sadar bahwa menumbuhkan kesadaran (seperti yang telah banyak diupayakan orang-orang) tentang perlunya aksi nyata untuk menjaga keberadaan alam yang sehat adalah proses yang panjang, rumit, dan berliku. Namun, di tengah kecemasan yang kian akut itu, kami mencoba berupaya untuk memelihara kepercayaan,” ujar Marsya.

“Mungkin saja lagu ini bisa juga menjadi penyeru serta mampu turut mengajak siapapun untuk tak lantas hanya berhenti setelah merasa punya kesadaran, setelah merasa perlu mengaku waras. Lebih dari sekedar itu, mungkin juga lagu ini bisa ikut menjadi sulur bagi siapapun agar punya kemauan untuk bertindak menyelamatkan alam, menyelamatkan masa depan,” lanjut sang gitaris.

Saat ini, “Mighty Island” dari VoB dapat didengar dalam bentuk video lirik di kanal YouTube Voice of Baceprot.

Dalam waktu dekat, lagu ini akan diluncurkan ke berbagai platform musik digital.

“Kini kami sebenar-benarnya berharap, semoga ada kesadaran yang terbangunkan. Semoga ada kewarasan yang tergugah sebelum semuanya benar-benar terlambat,” ucap Widi.

“Terimalah karya kami ini sebagai bukti kecil, bahwa bumi dan manusianya memang pernah ada,” pungkas Siti.