Husqvarna Perkenalkan Vitpilen 801, Motor Roadster Lincah dan Bertenaga

JAKARTA - Merek sepeda motor dari Swedia, Husqvarna resmi meluncurkan sepeda motor terbaru Vitpilen 801 menggabungkan gaya roadster yang ciamik serta performa bertenaga.

Melansir dari laman resmi merek, Sabtu, 5 Oktober, motor ini memiliki lampu depan dengan lensa proyektor Bi_LED terbaru dengan cincin terpisah yang memberikan kesan progresif dan modern.

Kuda besi ini dibangun dengan rangka baja kromium-molibdenum yang terkenal memiliki bobot ringan. Dengan demikian, pengendara dapat memaksimalkan performa dari motor ini agar dapat berjalan lincah dan stabil.

Kemudian, Vitpilen 801 memiliki suspensi WP Apex yang dapat disesuaikan dengan fork travel 140 mm dan shock travel 150 mm. Kaki-kakinya dilengkapi dengan pelek 17 inci dan diselimuti oleh ban Michelin Road 6 demi meningkatkan daya cengkram.

Sistem pengereman dari J.Juan yang bekerja sama dengan anti-lock braking system (ABS) Bosch sehingga menghasilkan pengereman maksimal. Pabrikan juga sediakan perlengkapan standar berupa Power Assist Slipper Clutch (PASC), menawarkan stabilitas maksimal saat mengerem dan memaksimalkan traksi saat akselerasi.

Pada bagian tengah stang, terdapat dasbor TFT 5 inci dilengkapi layar kaca serta optic yang berperan mencegah kesilauan. Sistem ini dapat terhubung ke aplikasi Ride Husqvarna Motorcycles melalui gawai untuk membantu pengendara dalam navigasi, panggilan telepon, hingga pemilihan musik.

Untuk mengakomodir gaya berkendara, Husqvarna menyediakan empat mode yang dapat dipilih terdiri dari Street, Rain, Sport, dan Dynamic. Selain itu, motor ini dilengkapi dengan Ride-by-wire throttle dengan fungsi pedal gas yang dapat diatur.

Vitpilen 801 ditenagai mesin 799 cc DOHC parallel-twin yang memberikan kekuatan sebesar 105 dk pada 9.250 rpm dan torsi 87 Nm pada 8.000 rpm.

Angka-angka ini menggarisbawahi kinerja mesin, yang dilengkapi fitur evakuasi bak mesin aktif dan sistem pelumasan bak semi-kering untuk menciptakan interval servis yang panjang hingga 15.000 km.

Vitpilen 801 akan tersedia secara global mulai November 2024 mendatang. Harga resmi akan diumumkan menjelang peluncurannya ke pasar.