Militer Israel Hancurkan Terowongan Bawah Tanah Cegah Penyelundupan Senjata ke Lebanon

JAKARTA - Militer Israel menghancurkan terowongan bawah tanah di perbatasan Lebanon-Suriah untuk mencegah penyelundupan senjata ke wilayah Lebanon.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengatakan operasi terowongan tersebut dipimpin oleh Unit 4400, unit yang bertanggung jawab atas pengangkutan senjata dari Iran dan proksinya ke Hizbullah di Lebanon.

“Lokasi infrastruktur yang berdekatan dengan perbatasan Masnaa antara Suriah dan Lebanon diserang tadi malam,” kata IDF dilansir CNN, Jumat, 4 Oktober.

Serangan udara Israel di dekat perbatasan utama Lebanon-Suriah menghentikan lalu lintas di kedua arah, kata seorang pejabat Lebanon pada hari Jumat.

Serangan pada Kamis malam, menghancurkan jalan menuju persimpangan Masnaa dengan Suriah, kata Menteri Pekerjaan Umum Ali Hamie kepada CNN. Pos pemeriksaan hancur.

Persimpangan perbatasan Masnaa terletak di lembah Beqaa di jalan raya internasional Beirut-Damaskus, yang menjadi jalur transportasi utama bagi orang dan barang antara kedua negara.

Jalan raya tersebut telah digunakan oleh puluhan ribu orang untuk menghindari pemboman Israel dalam beberapa hari terakhir.