Google Perbarui Tampilan Google Meet di Perangkat Android

JAKARTA – Sebelumnya, halaman Mulai Panggilan versi terbaru hanya tersedia untuk pengguna Google Meet dengan akun perusahaan pada November lalu. Kini, fitur tersebut telah diperluas ke akun Google pribadi. 

Dilansir dari 9to5google, halaman Mulai Panggilan terbaru akan terlihat di aplikasi Google Meet versi 266 untuk perangkat Android. Halaman baru ini menampilkan antarmuka yang lebih modern yang sesuai dengan ketentuan Material You, aturan desain dari Google. 

Saat pertama kali membuka Google Meet dengan versi terbaru, pengguna akan melihat Tombol Aksi Mengambang (FAB) 'Baru'. Saat diketuk, pengguna akan masuk ke halaman Mulai Panggilan dengan berbagai fitur yang ditingkatkan.

Bilah pencari kontak kini muncul dalam bentuk pil di bagian atas dengan keterangan yang masih sama, yaitu 'Cari kontak atau panggil'. Jika fitur di versi sebelumnya ditempatkan sejajar ke bawah, kini fiturnya terlihat sejajar ke samping dalam tombol berukuran besar.

Dari kiri ke kanan, pengguna akan melihat tombol Buat Tautan, Jadwalkan, dan Grup Baru. Pembaruan yang paling jelas terlihat adalah bagian di bawah ketiga tombol tersebut. Google kini mengganti bagian Terhubung di Meet menjadi Saran.

Di bagian saran, pengguna bisa mengeklik pengguna Meet lainnya yang terlihat di layar, mirip seperti panggilan cepat. Pengguna akan melihat gambar profil pengguna berbentuk bulat, keterangan nama di bawahnya, dan nomor telepon pengguna tersebut.

Selain memperbaiki halaman Mulai Panggilan, Google juga menambahkan kolom Kode di bilah pencarian. Jika kolomnya diketuk, pengguna akan diminta memasukkan kode untuk memulai rapat. Cara ini bisa digunakan jika pengguna tidak mendapatkan tautan.