Daun Apa Saja yang Bisa Dibuat Pestisida? Gunakan Daun-Daun Ini

YOGYAKARTA - Pestisida merupakan bahan yang digunakan untuk mengendalikan hama dan penyakit pada tanaman. Namun penggunaan pestisida kimia yang berlebihan dapat menimbulkan dampak buruk pada lingkungan, seperti merusak lingkungan, mencemari tanah, serta menimbulkan efek buruk bagi kesehatan manusia. 

Sebagai solusi yang lebih ramah lingkungan, petani bisa menggunakan pestisida yang terbuat dari bahan-bahan organik. Pestisida alami menggunakan daun-daunan sebagai bahan pembuatannya. Berbagai jenis daun diketahui memiliki sifat yang efektif untuk mengendalikan hama dan menjaga kesehatan tanaman.

Penggunaan pestisida alami diyakini dapat meningkatkan kualitas hasil panen dan tiidak menimbulkan kerusakan pada lingkungan. Jika selama ini Anda menggunakan pestisida kimia, mungkin sekarang bisa beralih ke pestisida alami. Apabila ingin membuatnya sendiri, Anda perlu tahu daun apa saja yang bisa dibuat pestisida dan cara mengolahnya.

Daun Apa Saja yang Bisa Dibuat Pestisida?

Berikut adalah beberapa jenis daun yang bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat pestisida alami:

1. Daun Mimba (Azadirachta indica)

Daun mimba atau neem sudah lama dikenal sebagai salah satu bahan utama dalam pembuatan pestisida organik. Kandungan zat aktif seperti azadirachtin pada daun mimba mampu menghambat pertumbuhan hama serangga, melumpuhkan mereka tanpa membunuh langsung, dan mencegah mereka bereproduksi. 

Pestisida berbahan daun mimba efektif digunakan untuk mengendalikan hama kutu daun, ulat, dan belalang. Selain itu, daun mimba juga memiliki sifat antibakteri dan antijamur, sehingga sangat baik digunakan untuk menjaga tanaman dari serangan penyakit.

2. Daun Tembakau (Nicotiana tabacum)

Daun tembakau mengandung nikotin alami yang efektif untuk mengendalikan serangga pengganggu seperti kutu daun, thrips, dan ulat. Nikotin yang terdapat pada daun tembakau bekerja dengan cara merusak sistem saraf hama, membuat mereka mati dalam waktu singkat. 

Untuk membuat pestisida dari daun tembakau, daun kering bisa direndam dalam air selama beberapa hari. Kemudian rendaman daun tersebut disaring dan cairannya disemprotkan pada tanaman. Penggunaan pestisida dari daun tembakau harus hati-hati karena kandungan nikotin yang terlalu tinggi bisa mempengaruhi kesehatan manusia dan hewan peliharaan.

3. Daun Pepaya (Carica papaya)

Daun pepaya dikenal mengandung enzim papain yang bersifat racun bagi serangga hama. Pestisida alami yang terbuat dari daun pepaya bersifat efektif untuk mengendalikan hama seperti ulat, wereng, dan belalang. 

Cara pembuatannya sangat sederhana, yaitu dengan menghancurkan daun pepaya segar dan mencampurkannya dengan air. Kemudian campuran daun tersebut disaring dan disemprotkan ke tanaman yang terkena hama. Selain efektif melawan hama, daun ini juga bisa membantu mencegah penyakit tanaman akibat  infeksi bakteri atau jamur.

4. Daun Sirsak (Annona muricata)

Daun sirsak mengandung senyawa annonacin yang berfungsi sebagai insektisida alami. Pestisida dari daun sirsak mampu membasmi hama seperti ulat, kutu, dan lalat buah. Daun sirsak juga dapat menghambat pertumbuhan larva serangga dan menghancurkan telur-telur hama yang menempel pada daun tanaman. 

Pembuatan pestisida dari daun sirsak cukup mudah. Daun segar dihancurkan dan dicampur dengan air, kemudian cairannya digunakan untuk menyemprot tanaman.

5. Daun Suren (Toona sinensis)

Daun suren mengandung senyawa alami yang memiliki efek mematikan terhadap hama serangga. Penggunaan daun suren sebagai pestisida alami telah terbukti efektif dalam mengendalikan kutu daun, thrips, ulat, dan hama lainnya. 

Cara pembuatan pestisida dari daun suren cukup mudah. Daun yang sudah kering direbus dalam air, kemudian air rebusannya digunakan untuk menyemprot tanaman yang diserang hama.

6. Daun Kemangi (Ocimum basilicum)

Daun kemangi memiliki aroma yang kuat dan kandungan zat antimikroba yang dapat digunakan untuk mengusir hama seperti kutu, ulat, dan lalat buah. 

Penggunaan daun kemangi sebagai pestisida alami sangat cocok untuk tanaman sayuran dan buah-buahan. Caranya cukup mudah, daun kemangi dihancurkan dan dicampur dengan air, kemudian disaring dan disemprotkan pada tanaman.

Demikianlah beberapa daun yang bisa dibuat pestisida dan cara membuatnya. Penggunaan pestisida alami dari daun-daunan juga menjadi solusi tepat dalam mewujudkan pertanian organik yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Baca juga tips menanam tumbuhan hidroponik agar selalu segar dan cepat tumbuh.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.