Tahanan di Rohul Nekat Loncat dari Mobil ke Sungai Saat Dibawa ke Lapas

PEKANBARU -Seorang tahanan narkoba dari Polres Rokan Hulu (Rohul) yang telah diserahkan ke jaksa penuntut umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Rohul berhasil kabur seusai melompat dari dalam mobil ke Sungai Batang Lubuh, Kabupaten Rokan Hulu, Riau, Rabu sore.

Tahanan inisial AS kabur dengan cara melompat dari atas jembatan ke sungai dengan tangan masih terborgol. Peristiwa itu terjadi pada saat mobil tahanan yang dikawal dua personel Sat Narkoba Polres Rohul dalam perjalanan menuju Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Pasir Pengaraian untuk menitipkan tahanan itu.

Kapolres Rohul AKBP Budi Setiono mengatakan, saat mobil berada di atas jembatan Sungai Batang Lubuh, tersangka AS melakukan aksi nekat dengan membuka pintu kiri mobil dan melompat ke sungai.

"Kami masih melakukan pencarian dan pengerjaan terhadap tahanan itu. Tersangka kabur dengan cara melompat ke sungai," kata AKBP Budi Setiyono, Jumat 4 Oktober.

Dijelaskan AKBP Budi, peristiwa itu terjadi seusai dua personel Sat Narkoba Polres Rohul selesai melaksanakan tugas penyerahan tanggung jawab tersangka dan barang bukti (Tahap II) dan berkas perkara dinyatakan lengkap (P-21) oleh JPU Kejari Rohul.

"Saat itu, JPU meminta bantuan kepada personel Sat Narkoba untuk mengantarkan tahanan tersebut ke Lapas Kelas II B Pasir Pengaraian. Tepat di atas jembatan Sungai Batang Lubuh, tahanan itu melompat ke sungai dan berenang mengikuti arus sungai," paparnya.

Tak tinggal diam, dua personel Sat Narkoba Polres Rohul yang mengawal berusaha mengejar tersangka mengikuti aliran sungai, tetapi tahanan tersebut tidak ditemukan.

Saat ini, Kapolres Rohul beserta jajaran masih berada di lokasi untuk menyisir pelarian tahanan tersebut dengan mengerahkan personel yang lebih banyak. Selain itu, dua personel Sat Narkoba yang diduga lalai tersebut akan menjalani proses pemeriksaan.

"Terhadap dua personel Sat Narkoba tersebut akan kita lakukan proses penyelidikan, bilamana nantinya terbukti melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan SOP, maka akan kami proses tegas baik secara pidana maupun kode etik sesuai aturan yang ada. Kami Polres Rohul berupaya maksimal untuk membantu pihak Kejaksaan Rohul melakukan pencarian tersangka tersebut," tandasnya.