6 Alasan Hobi Mengoleksi Koin-Koin Lama Itu Mengasyikkan

YOGYAKARTA – Ada banyak hobi yang dilakoni, termasuk salah satunya mengoleksi koin-koin lama yang ternyata mengasyikkan. Uang koin, pertama kali digunakan di Kerajaan Zaman Besi Lydia pada dua ribu tahun yang lalu. Koin-koin lama semakin langka karena tidak diproduksi dan dipakai sebagai alat berrnilai tukar. Mengoleksi koin langka adalah hobi yang bisa bertahan seumur hidup. Karena selalu ada koin baru dan koin lama untuk dikoleksi.

Aktivitas koleksi koin langka mencapai puncaknya di Amerika Serikat pada tahun 1950-an dan 1960-an. Bahkan banyak toko koin langka sampai terjadi kemerosotan ekonomi pada 1980-an hingga 1990-an. Berikut alasan kenapa hobi mengoleksi koin-koin lama itu mengasyikkan.

1. Menghasilkan uang

Hobi tidak selalu bisa dinilai dengan berapa nilai uang yang didapatkan. Mulanya memang ada kesenangan dan keasyikan tersendiri dalam mengoleksi uang koin lama. Biasanya juga diikuti pemilik hobi ini untuk mengeksplorasi tahun, sejarah, pembuatan, dan kurs pada saat itu. Positifnya, koleksi koin juga dapat dianggap sebagai investasi.

Ilustrasi alasan hobi mengoleksi koin-koin lama (Freepik)

Koleksi koin langka berbahan emas dan perak, melansir The Spruce Craft, Jumat, 4 Oktober, menurut ahli lebih kecil risikonya dalam mengoleksi karena dengan mudah melikuidasi koleeksi koin tersebut apabila membutuhkan uang tunai. Tetapi apabila benar-benar ingin mendapatkan keuntungan dari hobi mengoleksi koin langka, Anda harus benar-benar memahami pasar koin langka.

2. Menantang

Ketika tugas selesai atau tujuan tercapai, kita akan merasa puas. Begitu pula jika merasakan sensasi berburu koin langka. Ada tantangan dan kepuasan saat menemukan koin yang akan dikoleksi.

3. Keindahan dan seni

Setiap koin dibuat oleh orang terampil dan memahami pahatan reliefnya. Sebagian besar ahli numismatik setuju bahwa koin memiliki keindahan tersendiri dalam setiap pahatannya. Ini juga perlu dipahami saat memiliki hobi mengkoleksi koin-koin langka. Perlu dipahami, pada dasarnya mengoleksi koin seperti koleksi karya seni.

Ilustrasi alasan hobi mengoleksi koin-koin lama (Freepik)

4. Memahami warisan budaya dan sejarah

Hampir semua koin memiliki elemen sejarah. Koin tersebut menampilkan kemenangan, keterpurukan, dan pencerahan. Misalnya koin Romawi kuno pada abad pertengahan. Seseorang yang mengoleksi koin langka, memahami warisan budaya dan sejarah yang tertoreh di balik sekeping koin tersebut.

5. Meninggalkan warisan

Koleksi koin untuk investasi sekaligus meninggalkan warisan berharga bagi ahli warisnya. Meskipun sangat sedikit orang menjadi kaya secara instan karena hobi koleksi koin, tetapi perencanaan cermat, eksplorasi cerita-cerita sejarah dibaliknya, dan ketelatenan serta ketepatan dalam menyimpan, tidak akan sia-sia di kemudian hari.

6. Relaksasi

Seperti hobi lainnya, koleksi koin langka juga tergolong aktivitas relaksasi. Koin juga mudah dikumpulkan, diambil dari uang receh di dompet. Ada pula events yang membuka kesempatan berinteraksi dengan sesama kolektor koin langka.

Tertarik mengoleksi koin-koin lama apalagi yang sudah langka? Anda bisa memulainya dari nilai yang terkecil, kemudian menggali lebih dalam untuk merasakan sensasi mengasyikkan dari hobi ini.