Etika Makan Table Manner Umum yang Perlu Diketahui

YOGYAKARTA – Etika makan table manner adalah warisan budaya berupa aturan tidak tertulis yang harus dilakukan untuk menjaga sopan santun saat di meja makan. Perlu diketahui bahwa setiap negara memiliki etika makan yang berbeda-beda karena perbedaan sosial dan budaya.

Mempelajari table manner akan menunjukkan seberapa beradabnya seseorang dan mencegah orang tersebut makan seperti hewan buas. Etika makan dilakukan khususnya saat acara formal atau bisa juga dilakukan saat acara makan malam dengan kolega bisnis.

Etika Makan Table Manner

Sebenarnya ada banyak sekali table manner. Tidak hanya disesuaikan dengan negara dan budaya sosialnya, ada pula etika yang disesuaikan dengan jenis makanannya. Misalnya, ada etika makan sushi yang harus ditaati.

Dilansir dari Kings University College, ada beberapa etika di meja makan umum yang perlu diketahui yakni sebagai berikut.

  1. Etika Saat Diundang Makan Malam

Ketika diundang makam malam oleh seseorang, Anda harus menanggapinya karena hal ini berkaitan dengan perencanaan si tuan rumah. Jangan bertanya apakah Anda bisa mengajak orang lain dalam acara tersebut kecuali konteksnya adalah udangan makan keluarga. Artinya Anda bisa mengajak istri dan anak.

  1. Bawa Hadiah

Saat diundang makan malam, disarankan untuk membawa hadiah untuk si pengundang atau tuan rumah. Jangan berharap juga hadiah Anda akan dibuka saat jamuan makan.

  1. Jangan Sembarangan Memilih Kursi

Beberapa pesta makan malam biasanya digelar secara formal sehingga di setiap tempat duduk akan ada tulisan pengaturan posisi duduk. Sebelum duduk tanyakan dimana Anda bisa duduk. Setelah menemukannya, jangan langsung duduk kecuali tuan rumah sudah duduk lebih dulu.

  1. Buka Serbet

Serbet adalah elemen penting di meja makan. Serbet ini biasanya dibuka lalu ditempatkan di pangkuan. Namun momen penempatannya harus menunggu tuan rumah membuka serbet yang ada di dekatnya. Serbet boleh kembali dilipat setelah selesai makan. Jika ingin menyingkirkan sementara, lipat serbet lalu letakkan di sisi piring.

  1. Etika Memulai Makan

Anda harus menunggu hingga semua peserta yang hadir telah mendapatkan makanan masing-masing. Pada konteks jamuan makan malam pribadi, Anda bisa mulai mengangkat garpu setelah tuan rumah melakukannya.

  1. Menggunakan Peralatan Makan

Biasanya ada beberapa peralatan makan yang ditempatkan di meja Anda salah satunya alat makan perak. Jika Anda bingung dengan alat makan apa yang harus dipakai di tiap hidangan, Anda bisa mengamati tuan rumah dan ikuti tata cara penggunaannya.

  1. Mengambil Makanan dari Jauh

Jika Anda ingin mengambil menu hidangan yang tersaji namun lokasinya tidak terjangkau dengan mudah, jangan sesekali mengulurkan tangan Anda. Sebaiknya mintalah kepada orang yang paling dekat dengan hidangan yang diinginkan agar mengulurkannya pada Anda.

Aturan juga berlaku pada saat Anda ingin mengambil garam dan merica. Keduanya harus dioper bersamaan.

Itulah informasi terkait etika makan table manner. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.