Choi Soon-hwa, Nenek 81 Tahun Jadi Finalis Tertua di Miss Universe Korea 2024

JAKARTA - Choi Soon-hwa, seorang nenek berusia 81 tahun dari Korea Selatan, baru-baru viral di media sosial. Choi lolos sebagai finalis dalam kompetisi tahunan Miss Universe Korea.

Dilansir dari laman Oddity Central pada Kamis, 3 Oktober 2024, nenek tiga cucu ini tidak pernah bermimpi untuk mewakili negaranya dalam kontes kecantikan Miss Universe. Namun berkat perubahan yang dibuat pada aturan seleksi kontes, ia mampu melakukannya.

Sebelum tahun ini, peserta diharuskan berusia antara 18 dan 28 tahun, tetapi karena meningkatnya tekanan untuk menjadi lebih inklusif, Miss Universe menghapus aturan tersebut, sehingga memungkinkan siapa saja untuk berpartisipasi.

Selain pencabutan larangan usia, wanita hamil, dan wanita yang memiliki anak atau pernah menikah juga diizinkan untuk berkompetisi. Sekarang, Choi berharap dapat menginspirasi orang lain dengan menunjukkan bahwa kesehatan dan vitalitas dapat dipertahankan hingga usia tua.

"Sekarang setelah batasan usia dicabut, saya berkata, 'Saya harus mencobanya.' Terlepas dari apakah saya berhasil atau tidak, saya bertekad untuk mencoba dan mendapatkan kesempatan ini," kata Choi.

"Terlihat cantik dari luar itu penting, tetapi saya pikir Anda juga harus tenang dalam pikiran dan tahu cara menghargai orang lain," tambahnya.

Menariknya, meskipun ini adalah upaya perempuan berusia 81 tahun ini dalam kontes kecantikan, ia telah bekerja sebagai model busana senior selama bertahun-tahun, mengamankan kerja sama dengan majalah seperti Harper's Bazaar dan Elle, serta kampanye komersial dengan berbagai merek Korea.

Semuanya berawal pada usia 72 tahun ketika salah satu pasien di rumah sakit tempat ia bekerja sebagai perawat merekomendasikan agar ia mencoba untuk menjadi model.

"Salah satu pasien saya menyarankan saya untuk mencoba menjadi model," ucap Choi.

"Saya pikir itu tidak masuk akal, tetapi pada saat yang sama, itu membangkitkan impian lama saya untuk menjadi model, mengenakan pakaian cantik dan melakukan pemotretan. Jadi, saya berkata, 'Ya, saya dulu memimpikan itu sebelumnya, saya harus mencobanya'," lanjutnya.

Choi mengikuti beberapa kelas modeling dan berlatih berjalan saat istirahat kerja. Pada usia 74 tahun, ia memulai debutnya di Seoul Fashion Week.

"Menjadi model bagaikan membuka pintu menuju jalan baru bagi saya, jadi saya merencanakannya dalam pikiran saya," tutur Choi kepada CNN.

"Saya berkata, 'Saya akan sukses dan bekerja keras'. Ketika impian saya terwujud, saya bersyukur kepada Tuhan dan terus bekerja keras. Itu sangat menyenangkan dan saya menyukainya," lanjutnya.

Pada 30 September, saat final kontes kecantikan Miss Universe Korea, Choi gagal mencapai tujuannya untuk mewakili negaranya di kontes global Miss Universe di Meksiko.

Namun, Choi berhasil mengalahkan kontestan lain, yang banyak di antaranya cukup muda untuk menjadi cucunya, seperti yang dilakukan Alejandra Marisa Rodríguez di Argentina awal tahun ini.