Peugeot Luncurkan e-408 di Eropa, Jarak Tempuhnya Capai 453 Km

JAKARTA - Peugeot kembali memperluas jajaran kendaraan ramah lingkungan dengan memperkenalkan e-408 terbaru. Mobil ini merupakan versi EV dari model 408 bermesin bensin.

Sama seperti versi bensinnya, Peugeot e-408 mengusung gaya fastback yang modern dan futuristik. Didukung platform E-EMP2, ini memungkinkannya memiliki fleksibilitas terhadap berbagai powertrain tanpa mengorbankan gaya maupun kenyamanan interior.

Melansir dari laman resmi Stellantis, Kamis, 3 Oktober, mobil ini memiliki panjang 4.690 mm, lebar 1.850 mm, serta wheelbase mencapai 2.790 mm. Dimensi ini memungkinkan baterai terpasang di bagian bawah bodi kendaraan, tepatnya di bawah lantai di antara roda.

Dengan demikian, ini dapat memberikan ruang kabin yang luas dan menurunkan pusat gravitasi dari model tersebut agar bisa berjalan dengan dinamis.

Sifat dinamis pada e-408 juga terletak pada lengkungan pelek yang futuristik berukuran 19 inci diselimuti ban 225-50R19 dengan low rolling resistance yang rendah.

Identitas dari Peugeot sangat kental pada mobil ini dengan pencahayaan lampu LED yang tipis berpola ‘taring singa’ yang ikonik sekaligus memperlihatkan tampilan tegas dan kuat pada mobil listrik tersebut.

Kemudian, bagian belakangnya juga memperlihatkan identitas dari merek asal Perancis tersebut dengan LED berpola ‘tiga cakar singa’ yang khas sekaligus menggambarkan tampilan lebih dinamis.

Bagian kokpitnya menawarkan ergonomis yang berbeda dengan setir kemudi yang ringkas. Ini terpasang di depan kluster digital mencakup panel digital 3D 10 inci yang sepenuhnya dapat dikonfigurasikan.

Dasbor bagian tengah menyatu dengan layar tengah berdefinisi tinggi 10 inci yang dapat mengontrol sistem i-Connect Advanced serta dapat terhubung dengan fitur navigasi TomTom menjadi lebih efisien dan efektif.

Peugeot e-408 ditawarkan dengan sistem ADAS terbaru yang dikembangkan oleh pabrikan melalui lima kamera dan tiga radar terpasang di berbagai sisi kendaraan. Sistem ini mencakup Adaptive Cruise Control with Stop and Go, Automatic Emergency Braking with Collision Risk Alert, Active Lane Departure Warning, Driver Attention Alert, Long-range Blind Spot Monitoring, dan masih banyak lagi.

Mobil ini digerakkan oleh motor listrik permanent magnet yang memiliki tenaga hingga 210 dk dan torsi 345 Nm yang diproduksi oleh perusahaan patungan Stellantis-NIDEC di Tremery, Perancis.

Sumber daya internal pada Peugeot e-408 berasal dari baterai 58,2 kWh nickel manganese cobalt yang memberikan daya jangkau hingga 453 km menurut WLTP dengan klaim konsumsi listrik mencapai 15,2 kWh/100 km.