Kenali 5 Manfaat Penggunaan Produk Pelembap untuk Kulit Berminyak

JAKARTA - Jika Anda memiliki kulit berminyak atau cenderung berjerawat, pelembap tetap memegang peranan penting dalam rutinitas perawatan kulit Anda. Minyak pada kulit dan hidrasi kulit bukanlah hal yang sama. Dan kulit bisa berminyak sekaligus mengalami dehidrasi. Penggunaan pelembap dapat membantu mengimbangi hilangnya cairan akibat faktor lingkungan, seperti cuaca dingin, atau penyebab lainnya. Lalu apa lagi manfaat penggunaan pelembap bagi kulit berminyak?

Bantu Jaga Keseimbangan Sebum

Keseimbangan sebum dan air yang sehat di kulit meningkatkan dan menjaga kesehatan mikrobiomanya. Yang mana jika terganggu dapat menyebabkan kondisi kulit seperti psoriasis, dermatitis, dan jerawat. Karena kulit berminyak menghasilkan sebum berlebih dibandingkan dengan jenis kulit lainnya. Melembabkannya dengan formula kaya humektan dapat membantu menjaga keseimbangan minyak secara keseluruhan secara signifikan.

Menenangkan Kulit

Kehilangan air transepidermal (jumlah air yang menguap secara pasif melalui kulit ke lingkungan eksternal) pada semua jenis kulit dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan membuat kulit rentan terhadap peradangan dan kekeringan parah.

Pada kulit berminyak atau kombinasi, hal ini dapat ditandai dengan rasa kencang, tapi kulit tetap berminyak dan lengket di permukaan. Dalam situasi seperti itu, kulit yang mengalami dehidrasi memberi sinyal membutuhkan pelembap. Dengan menggunakan pelembap yang tepat, Anda dapat memberikan hidrasi penting pada kulit, sehingga kulit terasa nyaman dan segar kembali.

Menjaga Skin Barrier

Stratum korneum (umumnya dipahami sebagai skin barrier) memperkuat kulit dan melindunginya dari kerusakan lingkungan, mencegah masalah kulit seperti dermatitis dan peradangan. Melembabkan kulit tidak hanya mengurangi kekeringan tetapi juga membantu menjaga homeostasis kulit yang sehat.

Memperbaiki Tekstur Kulit

Disadur dari Pinkvilla, Kamis, 3 Oktober, penelitian juga menunjukkan bahwa hidrasi memperbaiki tekstur kulit. Dengan penggunaan pelembap teratur dan benar, Anda dapat menyaksikan kulit menjadi jauh lebih halus dan penampilannya membaik secara keseluruhan.

Mencegah dan Membantu Mengatasi Jerawat

Sudah diketahui dan dialami secara luas bahwa kulit berminyak rentan terhadap jerawat. Sehingga orang dengan kulit berminyak dan rentan berjerawat menghindari penggunaan pelembap karena takut memperburuk kondisi. Namun, penelitian menunjukkan bahwa hidrasi kulit yang tepat memiliki efek mendalam pada pengurangan, pencegahan, dan penanganan jerawat.

Dr. Sravya C Tipirneni, Kepala Konsultan Dermatologis & Ahli Kosmetologi di Rumah Sakit Manipal, menyebutkan, pelembap kulit berminyak dapat membantu mengurangi kilau berlebih. Mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, tetapi kulit berminyak tetap membutuhkan hidrasi. Pelembap ringan dan bebas minyak membantu mengatur produksi sebum dan mencegah kulit memproduksi minyak secara berlebihan untuk mengimbangi kekeringan.