Lebih Besar dan Inovatif: GIIAS Semarang 23-27 Oktober 2024 Bakal Hadirkan 6 Merek Otomotif Baru

JAKARTA – Setelah sukses di tiga kota sebelumnya, rangkaian pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) kembali dilanjutkan, kali ini menuju Kota Semarang. Pameran ini akan digelar pada 23-27 Oktober 2024 di lokasi baru yang istimewa, yakni Muladi Dome Universitas Diponegoro.

Semarang dipilih sebagai kota penutup GIIAS The Series 2024 karena potensinya yang besar dalam pasar otomotif nasional. Berdasarkan data Gaikindo, Jawa Tengah menduduki peringkat kelima dalam kontribusi sebaran kendaraan bermotor nasional pada Januari-April 2024, dengan capaian hampir 6,6 persen dari total penjualan di Indonesia.

"Rangkaian GIIAS The Series bukan hanya menjadi ajang pamer inovasi dari merek-merek otomotif, tetapi juga berperan penting dalam mendorong pertumbuhan industri di setiap kota penyelenggara, termasuk Semarang," kata Sekretaris Umum Gaikindo, Kukuh Kumara, dalam keterangan resminya, Kamis, 3 Oktober.

Ia menambahkan, Jawa Tengah memiliki potensi besar yang terus bisa dieksplorasi. GIIAS Semarang diharapkan mendapat sambutan positif dari masyarakat di provinsi ini.

Dengan tema 'New Location, More Brands, and Endless Innovation', GIIAS Semarang 2024 akan menempati area seluas 9.000 meter persegi di Muladi Dome. Lokasi yang lebih luas ini memberikan kenyamanan lebih bagi pengunjung dan memfasilitasi antusiasme peserta yang ingin memamerkan teknologi serta inovasi terbaru mereka.

"Dengan venue yang lebih besar, kami bisa menghadirkan lebih banyak merek kendaraan dan teknologi terbaru, serta memberikan pengalaman lebih bagi pengunjung saat menjelajahi area pameran," tambah Chief Operating Officer Seven Event, Agus Riyadi.

Pameran ini akan menampilkan 18 merek kendaraan, termasuk BYD, Chery, Citroen, Daihatsu, GAC Aion, Honda, KIA, Mazda, MG, Mitsubishi Motors, Suzuki, Toyota, dan Wuling, serta Toyota Commercial untuk kendaraan komersial. Untuk kategori roda dua, Alva, Excotic, Pacific, dan Polytron juga turut hadir. Lebih dari 20 merek industri pendukung juga akan meramaikan GIIAS Semarang 2024.

Menariknya, 6 merek kendaraan akan tampil perdana di GIIAS Semarang 2024, termasuk BYD, Citroen, GAC Aion, MG, serta Alva dan Polytron untuk kategori roda dua. Kehadiran merek-merek baru ini memberikan warna baru dan kesempatan bagi pengunjung untuk mengeksplorasi lebih banyak pilihan kendaraan.

Selain berinteraksi langsung dengan perwakilan merek, pengunjung juga dapat menjajal unit kendaraan di area test drive dan test ride yang telah disediakan. “Pengunjung dapat melihat langsung model-model terbaru yang sebelumnya diperkenalkan di GIIAS BSD Tangerang, termasuk beberapa kendaraan yang belum mengaspal di Indonesia,” tambah Agus.

Beragam kegiatan menarik lainnya, seperti Audio Contest bekerja sama dengan EMMA (European Mobile Media Association) dan community meet-up, akan memeriahkan acara ini. Shell Helix juga hadir sebagai sponsor utama GIIAS Semarang 2024.