Bagikan:

JAKARTA - Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Semarang 2024 telah resmi berakhir dengan pencapaian yang impresif.

Perhelatan otomotif yang berlangsung 23-27 Oktober lalu, mencatatkan total 30.070 pengunjung. Pameran yang berlokasi di Muladi Dome Undip, Semarang ini juga menutup rangkaian GIIAS The Series untuk edisi tahun 2024 yang berlangsung di empat kota besar tanah air.

Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi menyampaikan gelaran tersebut sukses menarik minat masyarakat Jawa Tengah sekaligus memberi sinyal bahwa pasar otomotif nasional akan kembali bertumbuh.

“Pindah ke venue baru GIIAS Semarang hadir lebih besar dan lebih lengkap sehingga masyarakat Jawa Tengah antusias untuk datang melihat model dan teknologi terbaru dari industri kendaraan bermotor Indonesia, serta mendapatkan edukasi dan pengalaman langsung dari para agen pemegang merek,” kata Nangoi dalam keterangannya, Sabtu, 2 November.

Selama lima hari, acara ini menampilkan inovasi otomotif terkini terdiri dari 19 merek kendaraan bermotor ternama, seperti 14 brand dari roda empat seperti BAIC, BYD, Chery, Citroen, Daihatsu, GAC Aion, Honda, KIA, Mazda, MG, Mitsubishi Motors, Suzuki, Toyota, Wuling, dan di kategori kendaraan komersial, Toyota Commercial turut berpartisipasi.

Dari kategori roda dua diisi oleh empat merek terkemuka, yaitu Alva, Exotic, Pacific, dan Polytron serta lebih dari 25 merek industri pendukung, mulai dari komponen otomotif hingga teknologi pendukung, juga turut meramaikan pameran ini, memperkaya pilihan kendaraan yang dapat dinikmati pengunjung.

Secara keseluruhan, GIIAS The Series 2024 berhasil menghasilkan total 40 ribu unit kendaraan bermotor terjual atau dengan nilai transaksi lebih dari Rp20 triliun.

”Kami sangat bersyukur di tengah tantangan yang dihadapi industri kendaraan bermotor tahun ini, seluruh seri GIIAS dapat berlangsung dengan sukses, mencatat hasil yang baik dan berkontribusi terhadap capaian industri tanah air,” terang Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo Rizwan Alamsjah.