Caterham Gandeng Yamaha Kembangkan Mobil Sport EV, Debut Tahun Depan

JAKARTA – Yamaha mengumumkan kemitraannya dengan Caterham, merek otomotif asal Inggris, untuk mengembangkan mobil sport listrik terbaru yang dinamai Project V.

Project V adalah program mobil sport coupe listrik (EV) yang dirancang oleh Caterham. Mobil ini tidak hanya menawarkan teknologi ramah lingkungan, tetapi juga kesenangan berkendara yang praktis.

Dalam siaran resmi yang dirilis Yamaha, Kamis, 3 Oktober, disebut kolaborasi ini bertujuan untuk membawa Project V menuju tahap produksi massal dan pemasaran. Yamaha akan berperan penting dalam pengembangan e-axle, komponen utama sistem penggerak listrik pada mobil tersebut. Melalui kemitraan ini, Yamaha juga berencana membentuk divisi baru yang dinamai “Caterham Powered by Yamaha Motor.”

Saat ini, Project V tengah dikembangkan di pusat riset dan pengembangan Yamaha di Tokyo, Jepang. Proyek ini memanfaatkan keahlian Yamaha dalam teknologi penggerak listrik, serta keunggulan Caterham dalam desain kendaraan. Proses pengembangan diperkirakan akan selesai pada pertengahan 2025.

Sebelumnya, Caterham telah memperkenalkan konsep mobil ini di ajang Goodwood Festival of Speed 2023 di Inggris dan Tokyo Auto Salon awal tahun ini.

Kolaborasi ini juga sejalan dengan komitmen Yamaha untuk mencapai netralitas karbon pada tahun 2050. Pabrikan asal Jepang tersebut juga akan semakin terlibat dalam pengembangan powertrain listrik yang ringan, efisien, dan canggih.

Selain itu, Yamaha bersama Lola, perusahaan otomotif Inggris lainnya, telah mengumumkan partisipasi mereka di ajang balap Formula E untuk musim 2024-2025 sebagai pemasok powertrain bagi tim ABT.