Bersihkan Paru-paru dengan Madu dan Susu?

YOGYAKARTA – Paru-paru adalah organ penting untuk pernapasan manusia sehingga kesadaran untuk menjaganya sangat penting. Sebagian orang percaya cara bersihkan paru-paru dengan madu dan susu. Tidak hanya mampu membantu menjaga kesehatan, ramuan tersebut juga diklaim mampu membersihkan paru-paru dari nikotin atau zat berbahaya lain yang didapatkan dari merokok. Lalu apakah klaim tersebut benar-benar terbukti secara ilmiah?

Bersihkan Paru-paru dengan Madu dan Susu?

Sayangnya, anggapan masyarakat terkait membersihkan paru-paru dengan susu tidak bisa dibuktikan secara ilmiah. Manfaat minum susu untuk orang dewasa memang cukup baik. Namun sepanjangang penelusuran, tak ada penelitian medis yang bisa membuktikan bahwa susu mampu bersihkan paru-paru. Paru-paru juga bukan organ yang bisa dibersihkan baik dengan makanan maupun minuman.

Hal itu juga diperkuat dengan pendapat dokter spesialis patologi anatomi RS Dharmais, dr. Evlina Suzanna, Sp.PA,.

Dikutip dari Antara, mengonsumsi susu secara rutin tidak akan membuat paru-paru seorang perokok tak akan membersihkan apapun. Tak peduli ia minum selama seminggu bahkan sebulan.

"Tidak ada hubungannya minum susu selama seminggu, dua minggu, sebulan dengan pembersihan paru," katanya, dikutip Kamis, 3 Oktober.

Cara Membersihkan Paru-paru

Dikutip dari AI Care, pada dasarnya paru-paru adalah organ yang punya kemampuan untuk membersihkan diri secara otomatis. Saat seseorang terpapar polutar terlalu banyak, produksi lendir akan berlebih. Untuk mengembalikan fungsi paru-paru ada beberapa hal yang bisa dilakukan yakni sebagai berikut.

  1. Terapi Uap

Terapi uap paru-paru bertujuan untuk mengeluarkan lendir di sekitar saluran pernapasan. Terapi ini juga membantu menambah kelembapan udara dengan begitu kemampuan pernapasan jadi lebih meningkat.

Terapi paru bisa dilakukan di rumah dengan cara menghirup uap air panas yang ditempatkan di dalam sebuah wadah atau baskom.

  1. Postural Drainage

Postural drainage merujuk pada posisi tertentu yang akan membantu mengeluarkan lendir dari paru. Caranya bisa dilakukan dengan berbaring, tidur menyamping, atau tengkurap sambil melatih pernapasan. Dengan begitu lendir akan mudah keluar.

  1. Olahraga

Disarankan untuk melakukan olahraga aerobik agar kapasitas paru-paru bisa bertambah. Contoh olahraga aerobik seperti jalan kaki, lari, renang, sepeda, zumba, dan masih banyak lagi.

  1. Menghirup Udara Segar

Disarankan untuk sering menghirup udara segar rutin sehingga paru-paru akan mendapat udara bersih tanpa polusi. Disarankan untuk menggunakan air purifier agar udara di dalam rumah lebih segar.

  1. Latihan Pernapasan

Bagi perokok atau seseorang yang punya masalah dengan pernapasan, disarankan untuk sering melakukan teknik pernapasan pursed lip breathing atau pernapasan perut. Latihan ini membantu untuk memaksimalkan kapasitas paru-paru Anda.

  1. Jaga Pola Makan

Sangat dianjurkan untuk menjaga pola makan agar tetap sehat. Disarankan pula untuk mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Beberapa makanan dan minuman yang mengandung antioksidan seperti blueberry, tomat, kunyit, kenari, edamame atau teh hijau.

Itulah informasi terkait paru-paru dengan madu dan susu. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.