G7 Pertimbangkan Sanksi Baru untuk Iran atas Serangan ke Israel

JAKARTA - Para pemimpin dunia sedang mempertimbangkan sanksi baru terhadap Iran setelah serangan rudal balistik Iran terhadap Israel.

Langkah-langkah tersebut, kata Gedung Putih  dibahas selama panggilan telepon antara Presiden AS Joe Biden dan rekan-rekannya di G7.

“Hari ini, Presiden Biden bergabung dalam panggilan telepon dengan G7 untuk membahas serangan Iran yang tidak dapat diterima terhadap Israel dan untuk berkoordinasi dalam menanggapi serangan ini, termasuk sanksi baru,” kata pernyataan itu dilansir CNN, Rabu, 2 Oktober.

“Presiden Biden dan G7 dengan tegas mengutuk serangan Iran terhadap Israel. Presiden Biden menyatakan solidaritas dan dukungan penuh Amerika Serikat kepada Israel dan rakyatnya, serta menegaskan kembali komitmen kuat Amerika Serikat terhadap keamanan Israel,” imbuh pernyatan Gedung Putih.

Dunia sedang menunggu tanggapan Israel terhadap serangan Iran, dengan pertaruhan besar bagi pemerintahan Biden di tengah kekhawatiran akan meningkatnya konflik regional hanya dalam waktu 34 hari menjelang pemilu AS.

Biden mengatakan AS tetap mendukung penuh Israel dan ada diskusi aktif untuk memastikan respons yang tepat.