Indolok Rilis Tiga Produk APAR yang Canggih dan Inovatif, Ada Pemadam Mobil Listrik

JAKARTA - Perusahaan alat pemadam api ringan (APAR) lokal, PT Indolok Bakti Utama resmi meluncurkan tiga produk terbarunya, yakni Lith-Pro, Grenoz, dan Fire Tape.

Presiden Direktur PT Indolok Bakti Itama Rahmat Rezki, mengatakan peluncuran tiga inovasi ini menunjukkan komitmen pihaknya dalam melindungi keselamatan banyak pihak namun tidak melupakan ekosistem ramah lingkungan.

“Inovasi ini tidak hanya menyoroti komitmen kami untuk menyediakan solusi terbaik bagi pelanggan, tetapi juga untuk melindungi lingkungan dan keselamatan masyarakat,” kata Rahmat dalam sambutan media saat acara peluncuran di Cikarang, Jawa Barat, Rabu, 2 Oktober.

Salah satu inovasinya, yaitu Lith-Pro Fire Extinguisher berfungsi sebagai alat pemadam yang dirancang untuk kerusakan atau kebakaran pada baterai lithium-ion pada kendaraan listrik (EV) maupun hybrid.

Keunggulan dari peralatan ini adalah terbuat dari 100 persen bahan aktif bebas flourin sehingga tidak berbahaya bagi lingkungan. Kemudian, produk ini bersifat non-korosif sehingga aman digunakan di berbagai jenis permukaan tanpa risiko kerusakan.Kemudian, terdapat fitur lainnya yakni “Agen Control” untuk memadamkan berbagai jenis kebakaran mulai dari gas, cairan mudah terbakar, hingga metal.

“Dengan semakin banyaknya perangkat yang menggunakan baterai Lithium-ion, kebutuhan akan pemadam api yang spesifik semakin mendesak, dan kami hadir untuk menjawab tantangan ini,” tambah Rahmat.

Sementara Grenoz Fire Extinguisher menawarkan pendekatan inovatif dalam memadamkan api tanpa meninggalkan residu setelah terjadi pemadaman. APAR ini cocok digunakan dalam lingkungan yang sensitif seperti rumah sakit, laboratorium, hingga area industri. Keunggulan alat ini ialah dilengkapi dengan ‘green technology’ yang dapat memastikan lifetime di atmosfer hanya 5 hari, sehingga cepat terurai tanpa merusak lapisan ozon dan ramah lingkungan.

Terakhir, Indolok memperkenalkan Fire Tape yang memiliki fungsi dalam mematikan api secara otomatis dengan cepat. Hal yang menjadi keunggulannya ialah pemadam ini dirancang untuk menargetkan dan memadamkan api tepat di tempat sumber api muncul yang dapat mengurangi risiko penyebaran api secara efektif. Selain itu, alat ini dapat menekan api secara akurat sehingga memastikan api dapat dipadamkan tanpa merusak area atau material sekitarnya.

Pemadam ini juga dirancang secara praktis dan mudah untuk dipasang ke beberapa lokasi yang rentan terhadap kebakaran, seperti di dalam kap mesin pada mobil bensin tanpa memerlukan prosedur rumit.