Jadi Anggota DPR, Pinka Haprani Ingin Perjuangkan Isu Perempuan-Anak hingga Disabilitas

JAKARTA - Diah Pikatan Orissa Putri Haprani resmi dilantik menjadi anggota DPR RI periode 2024-2029. Perempuan yang akrab disapa Pinka Haprani ini mengaku ingin memperjuangkan isu anak, perempuan, dan disabilitas pada periode pertamanya menjadi anggota DPR.

Pinka bersama ratusan anggota DPR periode 2024-2029 resmi dilantik pada Senin 1 Oktober 2024 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Ia pun mengikuti Rapat Paripurna DPR periode 2024-2029 usai pelantikan.

“Untuk aku: perempuan dan anak, juga disabilitas. Itu adalah konsen saya,” kata Pinka saat ditanya wartawan usai Rapat Paripurna DPR, Senin 1 Oktober malam.

Meski begitu, Pinka masih menunggu perintah fraksinya yakni Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) akan ditempatkan di komisi berapa di DPR.

“Tunggu perintah ya. Kalau ditanya mau apa? Maunya (Komisi) X (yang membidangi) pendidikan dan budaya tapi belum tahu, masih tunggu perintah fraksi,” ucap putri Ketua DPR Puan Maharani itu.

Sebagai salah satu anggota DPR yang masih muda, Pinka menyatakan tidak kesulitan bergaul dengan para senior di DPR. Ia juga terus berusaha supel dengan para anggota DPR lain lintas fraksi.

“Kita sama semua, mau beda partai mau beda jarak umur itu harus tetap deket dong kalau kenal,” sebut Pinka.

“Kalau nggak (kenal), nanti kenalan dulu,” imbuh legislator yang masih berusia 25 tahun itu.

Pinka diketahui mengikuti kontestasi Pileg 2024 untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Tengah IV yang mencakup Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Sragen, dan Kabupaten Karanganyar. Dapil Jateng IV dikenal sebagai salah satu ‘Dapil Neraka’ sebab banyak incumbent dan nama-nama beken yang bertarung di Dapil ini.

Nama Pinka cukup menarik perhatian masyarakat. Sebab meski terbilang baru di kancah perpolitikan, perolehan suara Pinka cukup tinggi. Dengan 60 ribu lebih suara, Pinka mengungguli sejumlah petahana anggota DPR senior.