Shenina Cinnamon dan Trauma dalam Trailer Perdana film Tale of the Land

JAKARTA - Film Tale of the Land produksi KawanKawan Media akan tayang perdana di Busan International Film Festival (BIFF) 2024. Menjelang penayangannya, mereka merilis sebuah trailer yang memperlihatkan sedikit dari ceritanya.

Trailer berdurasi hampir dua menit ini menampilkan sosok May yang diperankan Shenina Cinnamon. Ia terlihat mengalami trauma setelah ditinggal orang tuanya karena konflik tanah.

Sang kakek, Tuha memberitahu bahwa May selalu dijaga oleh leluhur mereka. Ketika May berusaha menapaki tanah, ia terkejut dengan apa yang ada di hadapannya.

Tale of the Land menceritakan May (Shenina Cinnamon), seorang gadis Dayak yang trauma setelah orang tuanya meninggal dan membuatnya tidak bisa menginjakan kaki di tanah. May tinggal bersama Tuha (Arswendy Bening Swara) di sebuah rumah terapung di atas air dan jauh dari tanah.

Dengan memahami ketidakpastian lingkungan alam Kalimantan, mereka merancang produksi dan pengaturan yang efektif untuk mengatasi tantangan yang ada. Dengan mengambil 90% film di atas air, film ini menciptakan pengalaman yang imersif, memperkuat elemen fantasinya.

Disutradarai Loeloe Hendra, film ini juga dibintangi Angga Yunanda dan Yusuf Mahardika. Film ini juga menjadi reuni Arswendy dan Shenina setelah film Badrun & Loundri pada tahun 2023.

“Tale of the Land menyajikan sebuah kisah tentang tanah. Secara pribadi, film ini merupakan gabungan dari imajinasi masa kecil saya dan realitas sosial masyarakat di Kalimantan saat ini. Dari sini saya ingin menunjukkan bahwa ada sesuatu yang berubah dan bergeser,” kata Loeloe Hendra.

“Kondisi yang terjadi pada karakter May adalah bentuk pertanyaan saya tentang situasi tersebut. Bagaimana jika manusia tidak bisa hidup di atas tanah? Bagaimana jika kita memiliki tanah yang luas, tapi kita tidak bisa menginjakkan kaki di atasnya lagi? Bagaimana dengan seseorang yang lahir di tanah leluhurnya, namun kemudian terpaksa pergi hingga ajal menjemput dan tidak bisa kembali lagi ke tanah kelahirannya,” katanya.

Tale of the Land menjadi salah satu film Indonesia yang tayang di BIFF 2024 yang berlangsung pada Rabu, 2 Oktober hingga 11 Oktober 2024 di Busan, Korea Selatan.