Pansel Serahkan Nama Calon Dewas KPK ke Jokowi, Ada Benny Mamoto hingga Mertua Kiky Saputri

JAKARTA - Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK menyerahkan 10 nama calon dewan pengawas ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dari jumlah tersebut, terdapat nama Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto hingga Ketua Pengadilan Tinggi Banjarmasin sekaligus mertua artis Kiky Saputri, Gusrizal.

“Sekitar pukul 12.30 WIB tadi (kami, red) diterima oleh Bapak Presiden untuk menyerahkan hasil akhir daripada seleksi calon pimpinan dan calon dewan pengawas,” kata Ketua Pansel Capim dan Dewas KPK M. Yusuf Ateh kepada wartawan di gedung Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Jakarta, Selasa, 1 Oktober.

Sementara itu, Wakil Ketua Pansel Capim dan Dewas KPK Arief Satria mengatakan ada sejumlah kriteria untuk memilih masing-masing 10 orang sebagai capim dan dewas. “Satu integritas, dua kapabilitas, ketiga adalah akseptablitas,” tegasnya.

“Jadi reputasi dan kemudian kepercayaan publik juga menjadi salah satu pertimbanagn dalam kami menentukan. Aspeknya sangat luas sekali dan pertimbangan-pertimbangan itu pun juga atas masukan dari berbagai kalangan,” sambung Arief.

Berikut adalah nama calon dewan pengawas KPK yang sudah diserahkan kepada Presiden Jokowi:

1. Benny Jozua Mamoto

2. Chisca Mirawati

3. Elly Fariani

4. Gusrizal

5. Hamdi Hassyarbaini

6. Heru Kreshna Reza

7. Iskandar Mz

8. Mirwazi

9. Sumpeno

10. Wisnu Baroto