Pernah Berselisih Soal Lagu Dewa 19, Once Tak Masalah Ditempatkan Satu Komisi dengan Ahmad Dhani

JAKARTA - Anggota DPR Once Mekel mengaku tidak masalah ditempatkan satu komisi dengan mantan rekan satu grup musiknya, Ahmad Dhani.

"Oh enggak apa-apa. Malah seru," kata Once dilansir ANTARA, Selasa, 1 Oktober.

Once menekankan dirinya siap ditempatkan di mana saja, meskipun turut menunggu arahan penempatan komisi dari fraksi PDI Perjuangan.

Dirinya menganggap biasa saja terkait ketidakpercayaan masyarakat terhadap seniman yang menjadi anggota DPR.

Sebelumnya, Ahmad Dhani sempat mengeluarkan larangan kepada Once untuk membawakan lagu-lagu Dewa 19. Menyikapi hal tersebut, Once menyatakan bahwa dia tidak menyalahi aturan hukum apa pun terkait penggunaan lagu-lagu Ahmad Dhani di ranah komersial.

Setelah itu, Once bertemu dengan Ahmad Dhani di kantor Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), pada 18 April 2023, dan mengatakan dirinya tidak akan lagi membawakan lagu Dewa 19 dan lagu-lagu lain yang diciptakan suami Mulan Jameela itu.

"Saya enggak akan lagi bawain lagunya Dhani, baik sendiri maupun bersama Dewa 19, untuk jangka waktu yang tidak ditentukan," kata Once.

Keputusan yang diambil Once itu bukan dalam rangka menerapkan peraturan hukum yang ada, melainkan urusan pribadi antara dia dan Ahmad Dhani.

"Saya kira bukan dalam rangka penerapan hukum positif yang ada, ini hanya urusan pribadi saja," ujar Once, yang menjadi vokalis Dewa 19 tahun 2000-an.