10 Nama Capim KPK Diserahkan ke Jokowi: Pahala Nainggolan Tersingkir, Johanis Tanak Melaju

JAKARTA - Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK telah menyerahkan 10 nama calon pimpinan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini.

Dari jumlah tersebut, terdapat nama Wakil Ketua KPK Johanis Tanak. Sementara nama Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan tersingkir setelah menjalani seleksi wawancara.

“Kami berdelapan diterima Bapak Presiden untuk menyampaikan hasil akhir dari seleksi calon pimpinan dan dewan pengawas dan menyerahkan nama masing-masing 10,” kata Wakil Ketua Pansel KPK Arif Satria kepada wartawan di gedung Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa, 1 Oktober.

“Jadi tadi sudah disampaikan dan presiden mengapresiasi kerja pansel dan beliau menyampaikan terima kasih atas kerja yang sudah dilakukan oleh pansel,” sambung dia.

Arief menjelaskan ada sejumlah kriteria yang jadi patokan pansel untuk memilih calon pimpinan komisi antirasuah. “Satu integritas, dua kapabilitas, dan akseptabilitas,” tegasnya.

Selain itu, reputasi dan kepercayaan publik jadi pertimbangan pansel untuk menentukan 10 capim yang diserahkan ke Presiden Jokowi.

“Jadi aspeknya sangat luas sekali dan pertimbangan-pertimbangan itu pun juga atas masukan dari berbagai kalangan,” ungkap Arief.

“Penetapan kriteria pun ini juga hasil dari masukan masyarakat, termasuk media, rekan-rekan media kita undang, rekan-rekan CSO kita undang, rekan-rekan akademisi kita undang, pebisnis juga kita undang dan itu merupakan bagi upaya kita untuk menampung aspirasi, kira-kira sosok seperti apa yang diperlukan untuk bisa menjalankan tugas dan fungsi,” jelasnya.

Berikut adalah nama calon pimpinan yang sudah diserahkan kepada Presiden Jokowi:

1. Agus Joko Pramono

2. Ahmad Alamsyah Saragih

3. Djoko Poerwanto

4. Fitroh Rohcahyanto

5. Ibnu Basuki Widodo

6. Ida Budhiati

7. Johanis Tanak

8. Michael Rolandi Cesnanta Brata

9. Poengky Indarti

10. Setyo Budiyanto