Perekonomian Dunia Melembat, Bos OJK Ungkap Sektor Jasa Keuangan Tetap Stabil

Perekonomian Dunia Melembat, Bos OJK Ungkap Sektor Jasa Keuangan Tetap Stabil

JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ungkapkan stabilitas sektor jasa keuangan global terjaga stabil ditengah sentimen positif akibat pemotongan tingkat suku bunga bank sentral di beberapa negara.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Mahendra Siregar menyampaikan pihaknya saat ini tetap mewaspadai prospek aktivitas perekonomian dunia yang saat ini mengalami pelemahan tercermin dari penurunan pertumbuhan ekonomi di mayoritas negara utama.

"Pertumbuhan ekonomi terindikasi mengalami penurunan di mayoritas negara utama, dengan the Fed yaitu Bank Sentral Amerika Serikat menurunkan outlook pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat tahun 2024 dan diikuti kenaikan level pengangguran dan penurunan inflasi," jelas Mahendra dalam konferensi pers RDK, Selasa, 1 Oktober.

Mahendra menjelaskan pertumbuhan ekonomi China mengalami perlambatan aktivitas manufaktur. Sehingga mendorong kenaikan tingkat pengangguran ke level tertinggi sejak 6 bulan terakhir.

"Sementara itu tekanan perekonomian Eropa juga semaki dalam, terlihat dari penurunan outlook pertumbuhan dan proyeksi inflasi yang meningkat. Perkembangan tersebut mendorong bank sentral global memulai siklus penurunan suku bunga yang agresif," katanya.

Mahendra menjelaskan, The Fed menurunkan suku bunga kebijakannya secara agre sifsebesar 50 basis poin (bps). Sementara Bank Sentral China telah menyampaikan bahwa akan berjanji akan mengambil kebijakan yang akomodatif yang berkelanjutan.

"Diantaranya dengan menurunkan GWM 50 bps untuk meningkatkan likuiditas perbankan, penurunan uang muka pembelian rumah, serta memperpanjang dukungan ke sektor properti selama 2 tahun," imbuhnya.

Sementara bank sentral Eropa dan bank sentral Inggris telah memulai siklus penurunan suku bunga kebijakan moneter global yang akomodatif untuk mendorong likuiditas pasar keuangan tercermin dari penguatan pasar keuangan global di mayoritas negara.