Barcelona vs. Young Boys: El Barca Siap Bangkit dari Keterpurukan!

JAKARTA - Pada Selasa malam 1 September atau 2 September dini hari WIB, Barcelona akan berupaya bangkit dari kekalahan pertama mereka di La Liga musim ini ketika mereka melanjutkan kampanye Liga Champions melawan Young Boys dari Swiss di Stadion Camp Nou. Tim Catalan baru saja mengalami kekalahan 2-1 dari AS Monaco di laga pembuka kompetisi bulan ini, sementara Young Boys juga mengalami kekalahan 3-0 dari Aston Villa di kandang sendiri.

Barcelona memulai musim La Liga 2024-25 dengan gemilang, mencatat tujuh kemenangan beruntun. Namun, rekor sempurna mereka berakhir pada Sabtu malam setelah kekalahan 4-2 dari Osasuna. Ini merupakan kekalahan kedua bagi tim asuhan Hansi Flick musim ini, setelah sebelumnya juga kalah dari Monaco di Liga Champions. Dalam laga tersebut, Barcelona kehilangan Eric Garcia yang diusir keluar lapangan di babak pertama.

Krisis cedera yang dialami Barcelona membuat Flick harus bekerja ekstra keras untuk mempertahankan performa timnya. Meski begitu, Flick layak mendapatkan pujian atas start impresif yang diraih timnya mengingat banyaknya pemain kunci yang absen. Barcelona sendiri tersingkir dari fase grup Liga Champions pada musim 2022-23 dan 2021-22, dan belum mencapai semifinal sejak 2018-19.

"Kami ingin meraih tiga poin pertama, dan melakukannya di kandang," kata Flick.

Di sisi lain, Young Boys juga mengalami awal yang sulit di Liga Champions musim ini, kalah telak dari Aston Villa. Kekalahan 1-0 dari Grasshoppers di liga domestik akhir pekan lalu membuat mereka terpuruk di posisi ke-11, dengan hanya enam poin dari delapan pertandingan. Meski begitu, mereka akan berharap bisa memanfaatkan krisis cedera Barcelona untuk meraih hasil positif.

Barcelona tidak akan diperkuat Eric Garcia yang diskors akibat kartu merah yang diterima melawan Monaco. Selain itu, tujuh pemain lain juga absen karena cedera, termasuk Fermin Lopez, Dani Olmo, Marc Bernal, Andreas Christensen, Ronald Araujo, Gavi, dan Marc-Andre ter Stegen. Frenkie de Jong, yang belum tampil musim ini karena cedera pergelangan kaki, memiliki peluang kecil untuk masuk skuad.

❝Kami sangat menantikan pertandingan kandang pertama kami di @ChampionsLeague. Kami ingin membuat para penggemar bersemangat dengan meraih kemenangan. Kami akan memberikan 100%,❞ kata Mard Casado, gelandang Barceolna dalam sesi jumpa pers. 

"Hal terpenting adalah bekerja keras di setiap sesi latihan dan bermain keras di setiap pertandingan. Tim ini memiliki mentalitas kemenangan yang baik," tambah Casado.

Di sisi Young Boys, Saidy Janko, Patric Pfeiffer, dan Facinet Conte dipastikan absen. Namun, secara keseluruhan, skuad mereka dalam kondisi yang baik. Joel Monteiro, yang telah mencetak lima gol dan memberikan tujuh assist dalam 13 pertandingan musim ini, akan menjadi andalan mereka, dengan Silvere Ganvoula yang telah mencetak empat gol kemungkinan akan memimpin lini depan.

Barcelona akan berharap bisa mengatasi krisis cedera dan kembali ke jalur kemenangan di Liga Champions, sementara Young Boys harus tampil sempurna untuk mengejutkan tuan rumah

Prakiraan Susunan Pemain

Barcelona (4-3-3): Pena; Kounde, Cubarsi, I Martinez, Balde; Casado, Torre, Pedri; Lamal, Lewandowski, Raphinha.

Young Boys (4-2-3-1): Van Ballmoos; Athekame, Camara, Zoukrou, Hadjam; Niasse, Lauper; Monteiro, Ugrinic, Colley; Ganvoula.