Bagikan:

JAKARTA - Barcelona akan berusaha untuk bangkit dari kekalahan pertama mereka di La Liga musim ini saat bertandang ke Stadion Mendizorrotza, di  Vitoria-Gasteiz, Minggu, 6 September. melawan Alaves. Setelah dipermalukan Osasuna 4-2 pekan lalu, Barcelona tetap berada di puncak klasemen dengan raihan 21 poin dari delapan pertandingan. Sementara itu, Alaves menghuni posisi ke-11 dengan 10 poin.

Alaves, yang finis di posisi ke-10 pada musim lalu setelah kembali ke La Liga, memulai musim baru dengan cukup solid. Mereka telah mengumpulkan 10 poin dari delapan pertandingan dengan catatan tiga kemenangan, satu imbang, dan empat kekalahan. Namun, tren performa mereka baru-baru ini sedikit mengkhawatirkan setelah menelan tiga kekalahan dalam empat laga terakhir, termasuk kalah 0-1 dari Getafe.

Meski demikian, Alaves masih optimistis akan mampu mengamankan posisi di La Liga untuk musim ini. Namun, catatan buruk melawan Barcelona membayangi mereka. Alaves telah kalah dalam tiga pertemuan terakhir di liga melawan Barca, dan terakhir kali mereka menang atas Blaugrana di La Liga adalah pada September 2016. Tantangan besar menanti pasukan Luis Garcia akhir pekan ini.

Di sisi lain, Barcelona tengah berusaha bangkit setelah kekalahan mengejutkan dari Osasuna. Meski dihantam 4-2 oleh Osasuna, mereka berhasil merespons dengan kemenangan 5-0 atas Young Boys di Liga Champions. Di bawah arahan pelatih baru Hansi Flick, Barcelona mencatat awal musim yang luar biasa dengan tujuh kemenangan beruntun di La Liga. Meskipun dihantam cedera, mereka tetap memimpin klasemen dengan 21 poin, unggul tiga poin dari Real Madrid.

Barcelona adalah tim dengan serangan terbaik di La Liga musim ini, dengan mencetak 25 gol dari delapan pertandingan. Robert Lewandowski menjadi pemain kunci dengan sembilan gol dari 10 penampilan. Blaugrana juga memiliki catatan impresif melawan Alaves, memenangkan 24 dari 36 pertemuan La Liga mereka dan tidak terkalahkan saat bermain tandang melawan Alaves sejak Desember 2001.

Alaves menghadapi sedikit masalah cedera, dengan Hugo Novoa masih diragukan tampil. Namun, sebagian besar pemain kunci mereka siap untuk dimainkan, termasuk Toni Martinez yang diperkirakan akan memimpin lini serang. Carlos Vicente, yang telah mencetak dua gol musim ini, juga diharapkan bermain di sayap.

Di kubu Barcelona, masalah cedera terus menghantui. Marc-Andre ter Stegen, Fermin Lopez, Dani Olmo, Marc Bernal, Andreas Christensen, Ronald Araujo, dan Gavi masih belum bisa tampil. Namun, Inigo Martinez sudah pulih dari cedera dan siap bermain, sementara Eric Garcia juga kembali setelah absen di Liga Champions karena skorsing.

Szczesny, yang baru bergabung, kemungkinan akan berada di bangku cadangan, sementara Frenkie de Jong yang baru pulih dari cedera panjang kemungkinan besar akan bermain sebagai pengganti. Inaki Pena masih akan menjaga gawang Barca, mengingat ter Stegen belum pulih.

Meskipun Alaves akan menjadi tim yang lebih segar karena tidak bermain di Eropa, Barcelona memiliki kualitas yang jauh lebih unggul, terutama di lini depan. Setelah terpukul pekan lalu, tim Hansi Flick diperkirakan akan meraih kemenangan di laga ini.

Prakiraan Susunan Pemain

Alaves:

Sivera; Tenaglia, Abqar, Sedlar, Diarra; Jordan, Benavidez; Vicente, Stoichkov, Martin; T Martinez

Barcelona:

Pena; Kounde, Cubarsi, I Martinez, Balde; Casado, E Garcia, Pedri; Yamal, Lewandowski, Raphinha