Gara-gara Reflektor, Royal Enfield Tarik Semua Motor Produksi dari November 2022 hingga Maret 2023

JAKARTA - Reflektor pada sepeda motor adalah komponen penting yang berfungsi untuk memantulkan cahaya dari lampu kendaraan lain, sehingga membuat sepeda motor lebih terlihat, terutama dalam kondisi minim cahaya. Reflektor ini sering disebut juga dengan "mata kucing".

Gara-gara masalah pada reflektor ini, Royal Enfield telah mengumumkan penarikan kembali global untuk sejumlah sepeda motor yang diproduksi antara November 2022 dan Maret 2023. 

Meskipun penarikan ini bersifat luas dan melibatkan komponen yang relatif kecil dan tidak berbahaya, pabrikan asal India ini telah mengkonfirmasi bahwa penarikan tersebut berkaitan dengan reflektor yang diwajibkan oleh hukum di sebagian besar negara.

Melansir Visordown, 30 September, Royal Enfield telah menemukan bahwa sebagian kecil reflektor sepeda motornya tidak memenuhi standar kinerja yang dipersyaratkan oleh merek India tersebut. Sebagai langkah proaktif, mereka memutuskan untuk menarik kembali semua sepeda motor yang diproduksi dalam rentang waktu yang disebutkan.

Sifat penarikan ini memungkinkan pengendara untuk terus menggunakan sepeda motor mereka hingga pekerjaan perbaikan dilakukan. Royal Enfield akan menghubungi pemilik sepeda motor yang terkena dampak untuk mengatur penggantian komponen. Proses ini diperkirakan hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dan tidak akan dikenakan biaya tambahan kepada pelanggan.

Diberitakan bahwa penarikan kembali akan dilakukan secara bertahap. Pemilik sepeda motor di Korea Selatan, Amerika Serikat, dan Kanada akan dihubungi terlebih dahulu, diikuti oleh India, Brasil, Amerika Latin, Eropa, dan Inggris.

Di Inggris, sepeda motor baru dilengkapi dengan tiga reflektor yang dipasang dari pabrik atau oleh dealer pada tahap pemeriksaan pengiriman (PDI). Dua reflektor amber dipasang pada garpu depan, satu di setiap sisi sepeda motor, dan satu dipasang pada garis tengah belakang, biasanya di bawah pelat nomor belakang.