Royal Enfield Ini Dimodifikasi seperti Motor Balap Jadul
Modifikasi Royal Enfield GT 650 oleh AN-BU Custom Motors. (Dok. Young Machine)

Bagikan:

JAKARTA - Bengkel modifikasi atau custom motor asal Nagoya, AN-BU Custom Motors, memamerkan salah satu motor Royal Enfield, GT 650 yang dirakit menjadi motor balap ala tahun 80-an.

Dilansir dari Young Machine, Sabtu, 17 Maret, pendiri AN-BU Custom Motors, Koichi Fujita, awalnya berniat memodifikasi Royal Enfield GT 650. Namun, setelahnya ia berpikir untuk merubah motor tersebut tidak hanya dari segi penampilan.

Diberi nama "Kai", motor tersebut mengusung tema balap era 80-an, Fujita langsung membuat ulang tabung bagian atas GT 650. Pada motor ditambahkan tangki bahan bakar aluminium buatan tangan dari Fujita yang membuat gaya retro balap semakin kental.

Lalu, pada bagian ekor motor dibuat dengan bentuk balok agar sesuai dengan motor balap jadul serta ditambah dengan fairing yang menambah kesan klasik.

Meskipun didesain bertemakan motor balap jadul, Fujita juga menambahkan ciri khas bengkel AN-BU pada motor Royal Enfield tersebut. Fujita meletakkan lampu offset tunggal yang sesuai dengan tampilan khas bengkel custom tersebut.

Motor ini juga ditambahkan suspensi Kayaba yang menopang bagian depan dan belakang dengan penyesuaian tergantung pada pengendara. Fujita juga mempertajam geometri motor ini agar mendapat pengendalian layak untuk dipakai balapan dengan satu set shockbreaker terdiri dari tiga buah.

Sentuhan terakhir yang ditampilkan, AN-BU menyematkan satu knalpot untuk membuka kembaran paralel 648 cc Royal Enfield. 

Motor ini ditampilkan pada Osaka Motorcycle Show pada 17 Maret 2023. GT 650 yang telah dimodifikasi tersebut akan tampil juga di Tokyo Motorcycle Show tanggal 24 Maret 2023, lalu dipamerkan ke Nagoya Motorcycle Show tanggal 7 April 2023.