Alasan Keamanan, Himalayan Ditarik Kembali karena Kerusakan Rem
Royal Enfield Himalayan (Dok: Royal Enfield)

Bagikan:

JAKARTA - Royal Enfield harus melakukan recall pada motor Himalayan sebanyak 4.891 unit. Sebelumnya, mereka telah melaporkan pada Badan Keselamatan Jalan Raya Amerika Serikat (NHTSA) soal ini.

Penarikan kembali dilakukan karena terjadi masalah pengereman pada motor Himalayan. Motor yang terkena proses recall yakni periode produksi 1 Maret 2017 hingga 28 Februari 2021.

Dilansir dari Rideapart pada Kamis, 9 Maret, masalah tersebut terletak pada bagian kaliper motor tersebut. Komponen tersebut dapat menimbulkan korosi saat terkena garam dalam jumlah yang besar, kerusakan kapiler juga dapat menyebabkan rem blong.

Produsen roda dua asal India tersebut juga memperingatkan kepada pengendara untuk memperhatikan bila terjadi tanda-tanda seperti bau terbakar pada bagian dekat kapiler, tersendat saat mau berakselerasi atau kesulitan yang tidak biasa.

Setelah diperiksa dan dianalisa, mereka menyimpulkan bahwa mengganti kaliper OEM dengan kaliper anodized akan mengatasi masalah tersebut. 

Kabar baiknya, Royal Enfield akan menyediakan layanan penggantian kaliper pada Himalayan secara gratis pada semua unit bila memenuhi syarat.

Pemberitahuan untuk penarikan unit Himalayan tersebut telah dilakukan pada 6 Februari 2023. Belum diketahui mengenai batas waktu penarikan kembali, yang jelas Royal Enfield berharap dapat mengembalikan model Himalayan yang ditarik kepada pelanggan pada musim semi.