Cara agar Akun LinkedIn Tidak Muncul di Google, Begini Pengaturannya

YOGYAKARTA - Ketika membuat akun LinkedIn, biasanya akun kita juga akan muncul di pencarian Google. Hal ini sangat membantu agar profil kita bisa lebih mudah ditemukan orang lain. Namun sebagian orang justru tidak ingin akun LinkedIn muncul di Google. 

Tidak semua pengguna LinkedIn ingin akun mereka muncul dalam pencarian di Google. Alasannya biasanya karena privasi atau preferensi pribadi dari pengguna. Jadi sebagian orang lebih nyaman untuk membatasi akses publik ke profil LinkedIn mereka. 

Namun masih banyak pengguna LinkedIn yang belum tahu cara supaya akunnya tidak keluar di search engine. Jika Anda salah satunya, mari pelajari cara agar akun LinkedIn tidak muncul di Google dengan panduan di bawah ini. 

Cara agar Akun LinkedIn Tidak Muncul di Google

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatur visibilitas atau akses profil LinkedIn di mesin pencari seperti Google. Bagi Anda yang ingin membatasinya, berikut ini cara supaya akun LinkedIn tidak muncul di mesin pencarian Google. 

Nonaktifkan Profil Publik di LinkedIn

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah menonaktifkan visibilitas profil publik Anda. Profil publik di LinkedIn adalah versi profil Anda yang terlihat oleh orang-orang yang tidak masuk ke akun LinkedIn atau yang tidak memiliki koneksi dengan Anda di platform tersebut. Versi profil inilah yang biasanya diindeks oleh Google.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menonaktifkan profil publik Anda:

  1. Buka LinkedIn dan masuk ke akun Anda.
  2. Klik ikon profil di sudut kanan atas dan pilih Settings & Privacy.
  3. Pilih tab Visibility dari menu di sisi kiri layar.
  4. Klik opsi Edit your public profile yang terletak di bagian "Your profile's public visibility".
  5. Setelah halaman Public profile settings terbuka, geser tombol Your profile's public visibility ke posisi Off.

Dengan menonaktifkan visibilitas profil publik ini, profil Anda tidak akan lagi muncul di mesin pencari seperti Google. Orang lain hanya akan bisa melihat profil LinkedIn Anda jika mereka masuk ke akun LinkedIn dan sudah memiliki koneksi atau akses langsung ke profil Anda.

Batasi Informasi yang Ditampilkan Secara Publik

Jika Anda tidak ingin menonaktifkan profil publik sepenuhnya tetapi tetap ingin membatasi informasi yang muncul di mesin pencari, Anda dapat memilih untuk menyembunyikan sebagian informasi dari profil publik Anda.

Untuk menyembunyikan sebagian informasi profil LinkedIn Anda, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuk ke halaman Public profile settings seperti dijelaskan di atas.
  2. Pada bagian Edit Visibility, Anda akan melihat daftar elemen profil seperti nama, headline, foto, pengalaman, keterampilan, dan lainnya.
  3. Hilangkan tanda centang dari bagian mana saja yang tidak ingin Anda tampilkan di profil publik.

Dengan demikian, meskipun profil Anda masih bisa ditemukan di mesin pencari, informasi pribadi atau profesional tertentu yang Anda pilih untuk tidak ditampilkan tidak akan terlihat oleh publik.

Atur Pengaturan Privasi Profil di LinkedIn

Selain menonaktifkan profil publik, Anda juga bisa mengatur seberapa banyak informasi profil Anda yang bisa dilihat oleh orang lain.  Anda bisa mengatur agar hanya koneksi Anda saja yang bisa melihat profil lengkap Anda.

Berikut ini langkah-langkah yan harus Anda lakukan untuk mengaturnya:

  1. Buka menu Settings & Privacy dari profil LinkedIn Anda.
  2. Pilih tab Visibility dan masuk ke opsi Profile viewing options.
  3. Anda dapat memilih salah satu dari tiga opsi:
  • Your name and headline (yang akan menunjukkan nama dan headline pekerjaan Anda).
  • Private profile characteristics (yang hanya menunjukkan informasi umum seperti industri atau jabatan).
  • Private mode (yang sepenuhnya menyembunyikan identitas Anda saat melihat profil orang lain).

Opsi ini tidak hanya membantu Anda menjaga privasi saat menjelajah LinkedIn, tetapi juga meminimalkan informasi yang dapat dilihat oleh orang-orang di luar jaringan Anda.

Demikianlah beberapa cara agar akun LinkedIn tidak muncul di Google. Jika Anda ingin menjaga privasi dan mencegah profil LinkedIn Anda muncul di mesin pencarian, coba lakukan langkah-langkah di atas. Baca juga cara membuat profil LinkedIn yang menarik

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.