Apple Mundur dari Negosiasi Investasi di OpenAI

JAKARTA - Apple Inc.  dikabarkan telah keluar dari pembicaraan terkait partisipasinya dalam putaran pendanaan OpenAI yang diperkirakan akan mencapai sekitar 6,5 miliar dolar AS (Rp98,3 triliun), menurut laporan Wall Street Journal, Jumat 27 September.

Raksasa teknologi tersebut baru-baru ini menarik diri dari negosiasi untuk putaran pendanaan yang dijadwalkan selesai minggu depan. Menurut sumber yang dekat dengan situasi ini, perusahaan-perusahaan lain seperti Microsoft  dan Nvidia  juga sedang dalam pembicaraan untuk ikut serta dalam pendanaan ini.

Microsoft dilaporkan akan berinvestasi sekitar 1 miliar dolar AS (Rp15,1 triliun), setelah sebelumnya telah menyuntikkan dana sebesar 13 miliar dolar AS (Rp196,6 triliun) ke OpenAI. Meski begitu, baik OpenAI maupun Apple belum memberikan komentar terkait kabar ini.

Bulan lalu, Wall Street Journal pertama kali melaporkan bahwa Apple tengah terlibat dalam negosiasi tersebut, sebagai bagian dari upaya penggalangan dana baru OpenAI yang dapat menempatkan valuasi perusahaan pembuat ChatGPT tersebut di atas 100 miliar dolar AS (Rp1.512,4 triliun).

Lonjakan valuasi ini dipicu oleh persaingan di bidang AI yang memanas sejak peluncuran ChatGPT pada akhir 2022, yang mendorong perusahaan-perusahaan di berbagai industri untuk menginvestasikan miliaran dolar guna mempertahankan posisi di pasar dan merebut pangsa pasar dalam teknologi AI.