WhatsApp Kembangkan Fitur Keamanan untuk Cegah Tautan Berbahaya

JAKARTA – WhatsApp berusaha mengembangkan alat keamanan selama beberapa bulan terakhir. Berbagai alat ini akan dirilis untuk mengurangi interaksi terhadap akun yang tidak dikenal dan tautan berupa phishing.

Sebelumnya, WhatsApp beta untuk Android dalam versi 2.23.16.6 akan menampilkan berbagai opsi keamanan saat pengguna membuka pesan dari nomor yang tidak dikenal. Pengguna bisa langsung memblokir atau melaporkan kontak tersebut.

WhatsApp juga menawarkan opsi tambahan untuk memeriksa nama profil, foto profil, dan kode negara dari kontak yang tidak dikenal. Untuk mendukung fitur tersebut, WhatsApp mengembangkan fitur yang dapat mencegah akses ke tautan berbahaya.

Berdasarkan temuan WABetaInfo, WhatsApp beta versi 2.24.20.28 sedang menguji fitur mencari tautan dengan cepat di web. Saat seseorang mengirimkan tautan, platform itu akan menyertakan fitur Search on Web di bagian atas pesannya.

Ketika diketuk, menu pop-up akan muncul dengan dua pilihan, yaitu Get Info About Link dan Search for Text. Fitur ini sangat berguna untuk mencari tahu apakah tautan yang dikirim pengguna lain berisi konten yang berbahaya.

Meski fitur baru ini terintegrasi dengan Google, WhatsApp tidak akan membagikan pesan di platform itu ke Google. WhatsApp menjamin bahwa konten yang tersedia di platform tersebut tetap pribadi dan tidak akan diproses atau disimpan di server.

Saat ini, WhatsApp sedang berusaha menyempurnakan fitur tersebut agar alat keamanan ini siap untuk dirilis dalam pembaruan aplikasi mendatang. Belum diketahui apakah fitur ini akan tersedia di iOS.