Amnesia, Aplikasi untuk Atasi Gangguan Izin Perekaman Layar di macOS Sequioa

JAKARTA – Apple mengubah sistem perizinan untuk alat perekam layar di macOS Sequioa. Melalui sistem operasi (OS) terbaru untuk Mac itu, izin perekaman layar akan terus muncul meski sudah diaktifkan pengguna.

Sebelum metode izin perekaman layar diubah, seluruh aplikasi dengan akses tangkapan layar hanya bertanya satu kali. Jika pengguna sepakat dengan ketentuan aksesnya, aplikasi tidak akan mengajukan pertanyaan lagi. Namun, hal ini sudah berubah.

Berkat ketentuan baru dari Apple, izin perekaman layar akan muncul setiap minggunya untuk meningkatkan keamanan perangkat dan data pengguna. Setelah mendapatkan banyak kritikan, Apple mengubah ketentuan waktunya dari seminggu menjadi sebulan.

Meski durasi waktunya sudah berubah, beberapa pengguna mungkin akan merasa terganggu dengan peringatan izin perekaman layar yang terus muncul. Oleh karena itu, sejumlah pengembang berusaha mengatasi gangguan tersebut.

Dilansir dari 9to5mac, Jordi Bruin selaku pengembang aplikasi MacGPT dan MacWhisper telah membuat aplikasi sederhana yang dapat mengedit .plist di setiap aplikasi. File ini merupakan tempat bagi macOS untuk menyimpan preferensi aplikasi.

Bersama Antoine van der Lee, Bruin mengembangkan aplikasi bernama Amnesia yang dapat mengatur tanggal pengingat berikutnya. Aplikasi ini tidak bisa menghilangkan pengingat secara permanen, tetapi bisa mengatur tanggalnya ke masa depan, seperti puluhan tahun lagi.

Amnesia bisa diunduh secara gratis di goodsnooze.gumroad.com/l/amnesia. Setelah aplikasi terinstal, pengguna harus memberikan akses ke folder tempat .plist disimpan sebelum menggunakan aplikasinya untuk pertama kali.