Hari Pertama Kampanye, RK-Suswono Ziarah Makam Tokoh Betawi di TPU Karet

JAKARTA - Pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur nomor urut 01, Ridwan Kamil-Suswono berziarah ke makam para tokoh Betawi di TPU Karet Bivak pada hari pertama kampanye Pilgub Jakarta 2024.

"Sesuai adatnya, syariatnya memulai titik perjalanan adalah dengan mengunjungi sejarah, tokoh-tokoh bangsa, tokoh-tokoh Betawi, tokoh-tokoh Jakarta yang tentunya menjadi awal dari sebuah proses yang niatnya baik," ujar Ridwan Kamil atau RK di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, Rabu, 25 September.  

Menurut Ridwan Kamil, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya. Pria yang akrab disapa RK itu pun mengutip pernyataan Presiden pertama RI, Soekarno soal 'Jas Merah'.

"Bung Karno pernah bilang, jangan sekali-kali melupakan sejarah, never leave history, kata beliau atau singkatannya adalah jas merah," kata RK.

"Jadi hari ini kami mengunjungi, satu almarhum Bapak Husni Thamrin, tokoh pergerakan tokoh Betawi, tokoh Jakarta dan juga pahlawan nasional. Lalu ada ibu Fatmawati, selaku ibu negara saat proklamasi dikumandangkan. Kebetulan dimakamkan di sini," ungkapnya.

"Kemudian ada pahlawan nasional, komposer paling luar biasa dalam sejarah republik, 200-an lagu digubah oleh beliau yaitu Ismail Marzuki yang kehormatannya dimuliakan oleh Pak Ali Sadikin, dijadikan Taman Ismail Marzuki yang kemarin saya datangi juga," sambung RK.

Mantan Gubernur Jawa Barat itu juga berziarah ke makam tokoh populer Betawi, Benyamin Sueb atau Benyamin S. Serta tokoh Bamus Betawi yang juga politisi PPP, Abraham Lunggana atau yang dikenal sebagai Haji Lulung.

"Tentunya, sejarah-sejarah ini akan menjadikan dasar pasangan RIDO menggunakan pengalaman sejarah untuk mendesain masa depan," kata RK.

"Tidak ada hari ini tanpa masa lalu dan tidak ada masa depan tanpa hari ini. Jadi hari ini datang dari kerja-kerja masa lalu para pahlawan dan masa depan insyaallah kita desain lebih baik karena berkaca pada isu hari ini," pungkasnya.