Menpora Harap Peparnas 2024 Tidak Tinggalkan Masalah seperti PON

JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora), Dito Ariotedjo, berharap Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2024 tidak menyisakan masalah.

Ajang tersebut dijadwalkan akan berlangsung pada 6-13 Oktober 2024 di Solo, Jawa Tengah. Total 20 cabang olahraga (cabor) akan dipertandingkan pada ajang empat tahunan ini.

Menpora ingin Peparnas 2024 bisa berjalan lancar dan tidak seperti Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024 yang memiliki setumpuk masalah.

"Pertama yang harus saya sampaikan mungkin pengalaman dari PON Aceh-Sumut kemarin dan ini harus disiapkan khususnya PB Peparnas dan para Pemkot serta Pemprov terkait dengan kehumasan," kata Dito.

Pada saat PON 2024, sejumlah masalah pelik menjadi sorotan, seperti menu makan atlet, makanan basi, ketidaksiapan venue, dan rusaknya venue akibat cuaca buruk.

Dito mengimbau karena kedua ajang ini menggunakan APBN, maka perlu ada pengawalan ketat, terutama screening vendor untuk pengadaan makan buat atlet dan ofisial.

"Saya harap bidang-bidang di PB Peparnas harus dipastikan efisiensinya jangan sampai kegemukan dan SDM juga harus kompeten serta fokus pada pelayanan pertandingan," ujarnya.

Total 20 cabor yang akan ada di Peparnas nanti adalah panahan, atletik, bulu tangkis, boccia, catur, balap sepeda, sepak bola, goalball, judo, angkat berat, menembak, voli duduk, renang, taekwondo, tenis meja, tenpin bowling, anggar kursi roda, basket kursi roda, tenis kursi roda, dan e-sports.