Terjangan Badai Tropis John Tewaskan 2 Orang di Meksiko

JAKARTA - Badai Tropis John yang menimbukan hujan lebat di sepanjang pantai Pasifik selatan Meksiko mengakibatkan 2 orang tewas akibat tanah longsor.

Dilansir Reuters, Selasa, 24 September, badai tersebut menumbangkan pepohonan dan tiang listrik serta merusak atap bangunan.

Daerah yang terkena dampak adalah pelabuhan kargo dan beberapa resor pantai terbaik di Meksiko. Sekitar dua pertiga pelanggan mengalami listrik padam dan layanan telepon juga terkena dampaknya.

Video yang diunggah di media sosial menunjukkan hujan mengguyur jalan-jalan kosong di dekat pelabuhan besar Lazaro Cardenas di negara bagian Michoacan ketika angin kencang menghantam pepohonan.

Lebih jauh ke selatan di negara bagian Oaxaca, bandara Puerto Escondido dan Huatulco yang populer di kalangan wisatawan ditutup.

Kedua korban jiwa tersebut dilaporkan di kota kecil Tlacoachistlahuaca, di negara bagian Guerrero, di pedalaman antara Puerto Escondido dan Acapulco, sebuah resor pantai utama yang hancur akibat Badai Otis tahun lalu.

Laura Velazquez, kepala layanan darurat nasional, mengatakan badai John dapat menyebabkan “hujan deras” lanjutan di Guerrero, salah satu negara bagian termiskin di Meksiko.

Dia mengatakan akumulasi curah hujan sejauh ini mencapai hampir 11 inci (28 cm).

Kekuatan topan John diturunkan menjadi badai tropis yang masih kuat saat badai tersebut menghantam dalam semalam, dan saat ini terletak sekitar 70 mil (113 km) barat laut Acapulco saat bergerak ke daratan dengan kecepatan 12 mil per jam (18 kpj), menurut Pusat Badai Nasional AS.