Phil Handy Tiba di Jakarta untuk Agenda Klinik Kepelatihan

JAKARTA – Mantan pelatih Los Angeles Lakers, Phil Handy, sudah tiba di Jakarta untuk menjalankan klinik kepelatihan (coaching clinic) basket yang diagendakan berlangsung dalam pekan ini.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora), Dito Ariotedjo, mengaku senang pelatih sekelas Phil Handy bisa datang untuk membantu perkembangan bola basket di Indonesia.

"Ini suatu keberkahan di mana jarang sekali pelatih dari NBA mau memberikan pengetahuan dan latihan, kali ini kepada pelatih di Indonesia," kata Dito dalam jumpa pers di Kemenpora, Selasa, 24 September 2024.

Ini merupakan kali kedua Phil Handy datang ke Jakarta. Selam di Ibu Kota, sang pelatih akan memberikan pelatihan kepada pelatih dan pemain-pemain Indonesia.

Dito menilai saat ini perkembangan bola basket di Indonesia sudah masif sehingga olahraga ini butuh ditingkatkan lagi guna mendapat prestasi lebih gemilang ke depan.

"Dari Perbasi (Persatuan Bolan Basket Indonesia) sudah menyampaikan dan sudah diskusi dengan Phil Handy. Nanti kita lihat perkembangan ke depanya bagaimana Phill Handy bisa membantu perkembangan basket Indonesia," kata dia.

Phil Handy juga antusias bisa kembali ke Indonesia setelah sebelumnya membantu persiapan dari Timnas Basket Putri untuk menghadapi Asian Games 2022 di Hangzhou, China.

Dia mengatakan bahwa dirinya akan membantu permainan bola basket Indonesia menjadi lebih baik dalam skala global. Ia berharap pelatihan ini bisa memberikan gambaran ke pemain terkait apa yang dilakukan oleh pebasket NBA.

"Jadi, saya berkesempatan untuk berada di sini dan menghabiskan waktu dengan para pelatih di Indonesia dengan beberapa atlet muda di Indonesia," ujarnya.

Agenda Phil selama di Jakarta akan dimulai pada Rabu, 25 September 2024, ketika dia menjadi pemateri dalam klinik kepelatihan kepada pelatih-pelatih Indonesia.

Selanjutnya pada 26 dan 27 September 2024, Phil Handy akan memberikan ilmu kepelatihannya kepada anak-anak usia 14 hingga 18 tahun di GBK Arena Senayan.

Rangkaian agenda tersebut kemudian ditutup pada 28 September 2024 saat Phil dijadwalkan mengadiri acara meet and greet juga talkshow, yang berlangsung di OCBC Space BSD, Tangerang.